Jumat, 27 April 2018

The Shape of Water - Cinta Beda Dunia


A Fairy Tale for Troubled Times

Tahun ini, The Shape of Water menjadi primadona oscar dengan menyabet 4 kategori sekaligus yaitu Film terbaik, Sutradara terbaik, Musik original terbaik. dan best production design. Dan masih banyak lagi penghargaan yang dimenangkan oleh film ini. Menilik karya  Guillermo del Toro ke belakang, Pan's Labyrinth, Karyanya kali ini punya warna yang agak mirip, walaupun unsur fantasinya tidak sedalam Pan's Labyrinth namun lebih liar.

Berlatar di pusat penelitian rahasia Amerika di tahun 1960-an, petugas pembersih Elisa Esposito (Sally Hawkins)  mengalami sebuah ikatan "cinta" dengan makhluk amfibi yang merupakan subjek penelitiannya.

Menonton film ini menjadi menarik ketika banyak yang menyandingkannya dengan cerita rakyat Perancis yang terkenal itu. "Beauty and The Beast". Namun menurut saya sebenarnya tidaklah sama. Saat berbicara tentang beauty, saya rasa film The Shape of Water tidak menonjolkan kemolekan dan kecantikan tokoh wanitanya, melainkan mengangkat kekurangan dan sepi dalam kesendirian setiap tokohnya. Kesan "kesepian" ini juga digambarkan dengan sosok Elisa yang bisu sehingga saat menonton film ini pun aura "kesepian" itu makin kuat. Belum lagi padanan musik yang terkadang seperti menyayat nurani.

Visi sutradara tentu sangat penting, tapi peran para aktornya tentu menjadi kunci keberhasilan film ini. Walaupun tidak banyak tokoh yang ditampilkan, namun semua memegang peranan yang sangat vital untuk menjajaki apa sebenarnya yang ingin disampaikan oleh film. Jadi, walaupun para karakter utamanya tidak pernah berbicara, para penonton diajak untuk tetap mengerti kisah Elisa dan keintimannya dengan si makhluk air ini. 

Dari segi visual, Guillermo del Toro merealisasikannya dalam banyak scene yang memadupadankan seni dan suasana yang mencekam pada waktu yang bersamaan. Digambarkan pula dalam bentuk si-makhluk air yang mengerikan namun "lugu", membuat film ini makin beraneka rasa.

Jadi siapa yang sudah menonton? Jika belum, ayo segera ditonton supaya ikut merasakan bagaimana cerita fantasi dari Juara Oscar ini.







Read Another


CATEGORIES


Tags


0 Comment :

davidpras1994@gmail.com

Name

E-mail *

Message *


G Plus
@davithace
PIN : 51E456D8
LINE : davithace

close