Minggu, 06 Mei 2018

Membuat Aplikasi Cross-Platform dengan Corona SDK

CORONA SDK

Corona adalah sebuah framework cross-platform yang digunakan untuk membuat aplikasi dan game yang ditujukan untuk mobile device, desktop maupun TV. Artinya, anda hanya cukup sekali melakukan pengkodean yang bisa di-publish ke multi device. Termasuk Apple iPhone dan iPad, Android phone dan tablet, Amazon Fire, Mac desktop, Windows Desktop, dan bahkan terkoneksi dengan TV seperti Apple TV, Fire TV, dan Android TV.

Corona digunakan oleh programmer profesional, pengembang aplikasi mobile, bisnis, sekolah dan universitas yang mengutamakan pemfokusan game, aplikasi edukasi dan bisnis maupun aplikasi utilitas lainnya. Bisa dibilang Corona cukup mudah dipelajari bagi pemula seperti saya contohnya, dan cukup powerful bagi para professional developer. Dengan menggunakan Corona, anda mendapatkan beberapa manfaat berikut :

1. Corona sangat lengkap dari segi framework untuk membuat berbagai macam aplikasi
2. Cross-platform, satu basis kode dan bisa di-compile ke multi device
3. Berbasis Lua script, mudah untuk dipelajari.
4. Mendukung realtime device testing dan Corona simulator
5. Ada lebih dari 1000 API yang bisa dimanfaatkan
6. Tersedia Corona Plugin yang siap pakai, termasuk monetization plugins.
7. Terdapat Corona marketplace untuk membeli item-item premium
8. File installer relatif kecil dibandingkan Android Studio misalnya, hanya 80 MB
9. Tidak native, namun disediakan juga bila ingin memanggil library kode native lewat JNLua misalnya (sebuah jembatan antara bahasa Java dan Lua).
10. Sudah "Game-Ready" dengan fitur-fitur berikut : Multi-Element Collisions, Allowing Jumps, Ray Casting and Reflection, Uniqueness of Post-Collisions, Predicting Trajectory, LiquidFun Essentials, LiquidFun Particle Collisions, Radial Gravity, Non-Physical Collisions

Dan salah satu kelebihan Corona lagi adalah, sudah tersedia banyak contoh aplikasi bawaan yang bisa menjadi dasar dalam membuat aplikasi yang lebih kompleks lagi. Contohnya seperti gambar berikut :


Satu lagi yang saya rasakan kemudahannya saat pertama kali menggunakan Corona adalah kemudahan melakukan build ke target yang dituju. Android / iOs ataupun windows. Syaratnya komputer anda harus terkoneksi internet, lalu Corona akan melakukan build dengan menggunakan servernya.


Walaupun tidak semudah Game Maker Studio, namun yang perlu diperhatikan bahwa Corona ini gratis, jadi anda dan saya yang jika memiliki masalah modal yang minim XD bisa langsung publish aplikasi keren tanpa harus bayar tools ini. 

Yang mau coba, bisa langsung download dan baca dokumentasinya di coronalabs.com

* Jasa Pembuatan Aplikasi Web / Android
* 08977791190 - Whatsapp (David)




Read Another


CATEGORIES



0 Comment :

davidpras1994@gmail.com

Name

E-mail *

Message *


G Plus
@davithace
PIN : 51E456D8
LINE : davithace

close