Kamis, 04 Juni 2015

Kebangkitan India di Industri Film


Belakangan ini boleh sedikit kita tengok ke negara yang sedikit banyak mirip dengan negara kita yuk. Ya, India. Jumlah penduduknya yang terkenal banyak dan saya kurang tau saat ini terbanyak keberapa didunia.

Yang saya ingin soroti adalah kemajuan pesatnya di bidang perfilman.

Eits, jangan salah memang dulu film India terkenal dengan joget-joget dan tariannya, di setiap film yang banyak mengangkat tema perjuangan cinta. Nenek yang mengasuh saya dulu senang sekali dengan film India, sampai-sampai mau tidak mau ya saya ikut menonton :)

Jadi begini, tahu 3 Idiots?
Film itu yang mungkin menjadi awal kembalinya ketertarikan dunia pada negara itu. Film yang mengangkat bagimana pendidikan dipandang sebagai formalitas, kuliah, mengerjakan tes dan sebagainya. Tanpa menggubris apa sebenarnya arti pendidikan.

Sebelumnya Aamir Khan bermain di Like Stars on Earth yang sepertinya bagus juga dilihat dari rating dan reviewnya.

Lalu ada juga Slumdog Milionaire.
Bagaimana seorang anak jalanan bisa menjadi jutawan karena pertanyaan kuis yang diajukan sangat dekat dengan kehidupannya.

di tahun 2011 ada 'Ra One'.
Filmya Shahrukh Khan yang mengusung genre sci-fi. Efek-efeknya lumayan meskipun ceritanya biasa saja

Lucia, genre sci-fi, meskipun saya belum menonton tapi banyak reviewer memberi nilai plus.

Beberapa film besar holywood juga ada yang tidak lepas dari orang-orang India disana, seperti My Name is Khan dan Life of Pi.

Dan belakangan ini Hirani kembali menggebrak dunia dengan ide berani berbalut komedi satir yang dituangkan ke dalam film PK (Peekay/ baca: pi key). Konon keuntungan dari film PK sebagian besar bukan dari lokal, melainkan pendapatan dari seluruh dunia. Beruntunglah saya sudah menontonnya dan menurut saya merupakan film terbaik sepanjang saya menonton film Bolywood.



Begitulah kira-kira tipikal film modern india. Mengusung tema dan makna yang lebih dalam. Mesti berani dan diluar kotak meski selalu dibalut bumbu percintaan dan tidak meninggalkan unsur musikal.

Belum berhenti disitu, masih ada Bahubali. Sebuah film yang baru akan dirilis, yang terlihat sangat mewah dan mahal. Tergambar jelas dari visual effect yang disajikan pada trailer berikut.


Akhirnya kembali lagi melihat yang lokal. India saja bisa. Jangan sampai ibu-ibu di sini hanya tergila-gila dengan ketampanan para aktornya, tanpa sadar kita telah banyak tertinggal.

Saya mengharapkan nantinya pemerintah Indonesia benar-benar bisa lebih mendukung industri kreatif dengan film sebagai wadahnya. Seperti yang dijanjikan. 


Read Another


CATEGORIES


Tags

0 Comment :

davidpras1994@gmail.com

Name

E-mail *

Message *


G Plus
@davithace
PIN : 51E456D8
LINE : davithace

close