Kamis, 07 September 2023

Solusi aplikasi Tonebridge Delay / Latency (Deeplike)

 


Bukan clickbait seperti di youtube. Berikut solusi nyata pengalaman menggunakan aplikasi guitar effect tonebrige ataupun deeplike bersuara kurang smooth, yaitu terjadi delay atau latency yang cukup besar.

Latensi adalah waktu tempuh yang diperlukan sinyal untuk sampai ke sistem dan juga delay yaitu pemrosesan suara gitar sampai dikirim ke speaker/headset.

Masalah keterlambatan suara pada aplikasi Tonebrige / Deeplike / Andrig ini banyak ditemukan pada handphone dengan sistem operasi android

Setelah kurang lebih seminggu melakukan eksperimen, inilah kesimpulan yang mungkin dapat anda cek solusinya:

1. Spesifikasi handphone
Saat menjalankan aplikasi tonebridge, pastikan pada pengecekan di awal, device anda memenuhi syarat. Smartphone harus memiliki performa yang masih baik. Artinya prosesor kecepatan tinggi, tidak kehabisan memori dan tidak dalam kondisi lemot.

2. Versi aplikasi
Pada deeplike ataupun tonebridge,  cobalah versi aplikasi yang lebih rendah atau yang versi lama. Anda dapat mencari dan menginstallnya di situs archive aplikasi seperti APKPure. Metode ini mengharuskan anda mencoba satu per satu versi yang paling cocok dengan smartphone yang anda miliki. Setelah anda mendapatkan delay paling kecil, maka catat versinya dan jangan di-update.

3. Matikan Sinyal (Mode Pesawat)
Gunakan mode pesawat saat membuka aplikasi guitar effect ini. Saya telah mencoba memakai wifi saja dengan mematikan sinyal kartu seluler (mode pesawat) dan hasilnya sound yang dihasilkan lebih jernih. Atau bisa dicoba tanpa internet sama sekali. Bukalah internet ketika dibutuhkan saja untuk me-load preset.

4. I-Rig
Pastikan perangkat I-Rig atau Guitar-Rig anda dalam kondisi sehat. Ciri-cirinya adalah bersih tanpa suara berdenging atau noise.

Catatan akhir:
Ketika memang tetap terjadi delay/latency yg cukup besar maka maaf, kemungkinan besar memang device mobile anda tidak memadai. Dari sisi processor ataupun soundcard. Cobalah menggunakan HP lain, laptop/PC atau perangkat dari ios/apple.

Semoga berhasil!




Read Another


CATEGORIES



0 Comment :