Kamis, 31 Januari 2019

Membuat Website Powerful dengan Blogger, Hosting dan Github





Membangun sebuah website yang handal sekarang sudah sangat dimudahkan. Apalagi untuk level pribadi. Jaman sekarang sudah banyak alternatif membuat web gratis maupun hosting gratis. Namun produk yang gratis umumnya memiliki keterbatasan seperti bandwith maupun penghapusan web secara sepihak. Nah, Beberapa penyedia media online berikut ini adalah alternatif terbaik menurut pengalaman saya yang dapat mengakomodir semua kebutuhan basic web hingga professional web.

Blogger

Dibandingkan cms yang lain, blogger memang tidak lengkap dan tidak user friendly jika ingin melakukan kustomisasi. Namun bukan berarti blogger tidak bagus. Justru CMS inilah yang menemani saya selama 6 tahun ngeblog. 
Keuntungan menggunakan blogger antara lain :

- Gratis dengan Bandwith yang unlimited.
Karena gratis tanpa syarat apapun, blogger disukai dan digunakan banyak orang. Belum lagi dengan bandwith yang unlimited, anda tidak perlu khawatir loading web anda akan lambat. Sejauh ini nama besar google berhasil meng-handle jutaan pengguna blogger dan pengunjungnya di seluruh dunia.

- SEO Friendly.
Blogger yang notabene adalah milik google tentu menjadi anak kesayangan google. Anda tidak perlu pusing memikirkan bagaimana blog anda terindeks di google. Asalkan anda punya postingan, cepat atau lambat blog / web anda pasti terindeks

- Banyak template gratis
Blogger memiliki komunitas yang sangat besar di seluruh dunia. Template yang gratis pun banyak tersebar di internet dan dapat langsung dengan cepat mengubah blog anda menjadi lebih cantik sesuai selera.

- Free Customization
Tidak perlu menjadi member premium untuk melakukan kustomisasi pada blogger. Cukup dengan pengetahuan anda tentang HTML, XML, CSS dan Javascript, maka anda bebas meng-kustom web sesuai kreatifitas menjadi layaknya tampilan web profesional.

Namun demikian blogger mempunyai keterbatasan pada media penyimpanannya. Tidak seperti wordpress, kita harus mengupload media seperti gambar , video, file office, pdf dan file-file lainnya di cloud storage atau web hosting. Namun tidak masalah, karena sebagai altrernatifnya blogger telah terintegrasi dengan produk google lainnya seperti picasa dan youtube.


Professional Hosting

Jika kebutuhannya adalah sistem web lebih kompleks dan lebih powerful lagi, serta dukungan penuh dari penyedia hosting dan server selalu UP 24 jam, maka yang anda perlukan adalah hosting profesional yang menyediakan server-side scripting. Dengan fitur seperti PHP, database seperti MySQL atau PostgreSQL, Email, Cron job, dukungan CPanel, File Manager, scheduled backup, Cloudfare Protection, SSL certificate, maka solusinya anda bisa langsung beli hosting murah di Hostinger


Paket Web Hosting Hostinger
Paket Web Hosting Hostinger

Berikut kelebihan menggunakan hosting profesional Hostinger :

Setup Mudah & Cepat
Setup server membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun, dengan fitur yang ada di cloud hosting murah, Anda bisa mengaktifkan server dengan cepat!

Teknologi Terbaru
Karena cloud hosting sepenuhnya dikelola oleh Anda, maka hostinger memastikan layanan ini memiliki teknologi serta performa yang terus-menerus diperbarui!

Caching Terintegrasi
Buat website dalam waktu singkat dengan in-built cache manager. Ingat, loading website yang cepat berpengaruh pada peringkat di mesin pencarian!


Cloud Storage

Produk Google, khususnya Drive bisa mengakomodir hosting file-file besar yang akan anda gunakan untuk blog/web anda. Dengan mengubah url file menjadi https://googledrive.com/host/ maka anda bisa menyulap google drive menjadi sebuah penyimpanan/host yang cukup bagus. Hanya saja google membatasi kuota download per file. 

Jika belum puas, bisa juga menggunakan picasa, youtube, mediafire, dropbox dan jasa penyedia layanan cloud storage lainnya yang gratis. Setelah itu anda tinggal melakukan embed, melalui beberapa metode seperti tag 


Github
Fitur utama github adalah software Git-nya. Git adalah version control system yang digunakan para developer untuk mengembangkan software secara bersama-bersama. Fungsi utama git yaitu mengatur versi dari source code program anda dengan memberikan tanda: baris dan code mana yang ditambah atau diganti.

Namun, ternyata Github ini bisa dijadikan sebagai pilihan alternatif semi-hosting yang kemampuannya mirip seperti hosting. Hanya saya tetap tidak dapat melakukan server-side scripting. Github dapat memfasilitasi developer untuk menyimpan file kode-kode / static files (javascript, html, css, image, pdf atau file-file kecil) secara terpisah dari blogger. Dan dapat dipanggil atau di-embed jika dibutuhkan.


Github juga mempunyai manajemen direktori mirip seperti server hosting, hal ini sangat memudahkan developer yang terbiasa dengan sistem direktori server hosting. Selain itu Github menyediakan halaman web gratis dengan domain gratis seperti namaanda.github.io yang dapat diakses secara bebas dan unlimited.






Read Another


CATEGORIES



0 Comment :