Sabtu, 27 Oktober 2018

10 Tahun : Evolusi Blog Dari Masa Ke Masa


Sudah (tidak) terasa 10 tahun lalu saya melakukan registrasi domain pertama saya di blogspot.com yang sekarang menjadi blogger.com. Saat itu saya masih SMP dan internet menjadi barang yang cukup mewah. Saya harus ke warnet untuk ngeblog. Disaat teman-teman saya yang lain dan pengunjung warnet bermain Pointblank, Ghost maupun Ayodance, saya pesan paket 2 sampai 3 jam untuk mengisi blog sambil melakukan make-up tampilan dengan skill coding copas google.

Sebuah kegiatan yang sangat aneh bagi anak laki-laki seumuran saya saat itu. Namun mungkin saya memang menghindari kegiatan mainstream seperti anak gaul lainnya; pacaran, nongkrong, balap motor, olah raga atau main game.

Saya mulai rutin mengisi konten sekitar tahun 2010, saat itu sudah SMA dan warnet makin banyak ditemui. Saat itu topiknya campur-campur, seperti permen nano-nano maka dari itu saya beri nama asemanisblog. 

Dengan tools internet archive dibawah ini, saya bisa menilik ke belakang kenangan-kenangan tampilan blog di masa itu sampai sekarang :

Ini dia tampilannya :

1. 
2008-2010

Tampilan yang sungguh sungguh, alay :D

2.
2010 -2011
Siapa yang ingat dengan halaman tukar link?


3.
2011-2014

Tampilan ini lumayan bertahan lama karena sepertinya SEO friendly. 
Blog saya mulai dapat banyak visitor, dan masa-masanya rajin mengisi konten.

4.
2014-2016

Sekitar satu atau dua tahun, saya membeli domain .com yang diterapkan di blog saya. idolchip.com . Saat itu semangat ngaidol dan menuangkan opini tentang dunia per-wotaan sedang menggebu-gebu. Selain itu semangat untuk men-share tentang dunia teknologi komputer pun sedang tinggi-tingginya, maka dari itu namanya : idol-chip. 

domain ini termasuk yang paling sukses karena saya mencapai puncak jumlah visitor, jumlah komen-ters yang saat itu sangat tinggi. Bisa dibilang saat saya mengambil topik ini, ribuan visitor mulai berdatangan setiap harinya, dan yang membuat domain ini mulai bertengger di halaman 1 pencarian google.

5.
2016-Sekarang

Akhirnya saya memutuskan untuk mengganti domain blog ini dengan nama saya, davidprasetyo.com . Alasannya karena saya ingin pembaca mengerti bahwa web ini bukanlah web professional dengan opini yang selalu dapat dipertanggungjawabkan. Blog ini tidak lebih dari blog pribadi, yang tentunya banyak kepentingan pribadi disini :D Setelah pensiun dari dunia perwotaan, saya terkadang tetap menulis opini tentang ngaidol hanya saja porsinya lebih sedikit. Karena sudah bekerja juga, saya jadi agak jarang merawat dan mengupdate. hehe.
Saat ini saya banyak (walaupun sudah mulai jarang juga) menulis tentang film, info dan tutorial komputer, dan membuka jasa di bidang teknologi komputer.






Read Another


CATEGORIES


Tags


1 komentar :

  1. Wuiiihhh.... makasih gan udah share link archive.org. Ane dari dulu mikir gimana caranya lihat tampilan blog dari dulu sampe sekarang. Dan terjawab di postingan agan ini.

    btw, Gw gak inget blog lu pernah pake tempalate yang 2010-2011 hehe

    BalasHapus

davidpras1994@gmail.com

Name

E-mail *

Message *


G Plus
@davithace
PIN : 51E456D8
LINE : davithace

close