Minggu, 22 Agustus 2010

Contoh Paragraf Deduktif dan Induktif

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Paragraf Deduktif Pola Contoh

Berpikir ilmah dapat ditanamkan kepada siswa sejak sekolah dasar. Bagaimana caranya? Misalnya, ajaklah siwa mengamati dan mencatat jenis dan jumlah tanaman toga yang ada di lingkungan sekolah. Pada saat siswa belajar di SMP. disini siswa diajak untukbereksperimen kecil dengan membuat percobaan sederhana. Ketika siswa belajar di SMA, berpikir ilmiah lebih ditekankan pada pengerjaan pelatihan yang lebih bervariasi atau juga dapat mengembangkannya. Artinya, untukbelajar berpikir ilmiah, siswa tidak perlu menunggu menjadi mahasiswa yang belajar di universitas.


Paraagraf Deduktif Pola Alasan

Pada tahun 2008 kualitas masyarakat Indonesia semakin rendah. Hal ini dapat dilihat dari semakin meningkatnya angka pengangguran di Indonesia.Yang tahun sebelumnya hanya 30%, prosentase angka pengangguran dan tahun ini bertambah menjadi 40%. Angka kriminalitas di Indonesia juga semakin membeludak.Dan yang paling parah banyak masyarakat Indonesia yang tidak mengikuti program pemerintah 9 tahun. Dilihat dari dua realita ini kita suda bisa mengukur SDM masyarakat Indonesia


Paragraf deduktif Pola Rincian

Banyak cara menurunkan berat badan yang baik dan benar. Pola hidup yang sehat dan teratur adalah solusi yang tepat untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Makan teratur 4 sehat 5 sempurna plus olahraga akan membantu anda menurunkan berat badan. Makanan yang mengandung banyak serat dan vitamin akan meningkatkan metabolisme tubuh anda , kurangi makanan berminyak dan berlebihan karena akan mengganggu proses metabolisme. Selain itu olahraga yang cukup dan teratur dapat membakar kalori dan lemak berlebih pada tubuh anda , perlu di ingat jangan berolahraga secara berlebihan karena justru akan mengganggu kesehatan anda. Faktor lain yang tidak kalah pentingnya adalah hindari stress berlebih , karena orang yang mengalami stress cenderung makan lebih banyak dan ingin mengkonsumsi sesuatu yang manis untuk memperbaiki mood nya , tentu saja bisa dibayangkan apa akibatnya nanti.

Paragraf Induktif Sebab Akibat

Angka kemiskinan ini tahun demi tahun semakin meningkat di desa Sidokumpul. Ditambah lagi dengan angka kelahiran yang setiap tahunnya meningkat 10%. Hal ini didukung dengan sedikitnya lapangan kerja yang minim sekali di desa tersebut. Anak-anak yang harusnya duduk dibangku sekolah, mereka hanya bisa melamun di rumah untuk membayangkannya saja. Ditambah lagi dengan berbagai penyakit yang melanda masyarakat desa tersebut. Oleh karena itu, pemerintah menyalurkan dana untuk membantu kehidupan desa tersebut.

Paragraf Induktif Analogi

Sifat manusia ibarat padi yang terhampar di sawah yang luas. Ketika manusia itu meraih kepandaian, kebesaran, dan kekayaan, sifatnya akan menjadi rendah hati dan dermawan. Begitu pula dengan padi yang semakin berisi, ia akan semakin merunduk. Apabila padi itu kosong, ia akan berdiri tegak.
Demikian pula dengan manusia yang tidak berilmu dan tidak berperasaan, ia akan sombong dan garang. Oleh karena itu, kita sebagai manusia apabila diberi kepandaian dan kelebihan, bersikaplah seperti padi yang selalu merunduk.

Paragraf Induktif Generalisasi

Sebelum kita makan,kita harus mencuci tangan terlebih dahulu. Makanan yang kita makan harus terbungkus,jangan sampai membeli makanan di sembarangan tempat.Kita harus pandai-pandai memilih makanan yang sehat bagi tubuh kita.Sebaiknya kita mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Karena kesehatan sangat penting dalam hidup kita




Read Another


CATEGORIES


Tags


3 komentar :

  1. sangat membatu saya dalam mengerjakan contoh paragraf deduktif, makasi ya kak :)

    BalasHapus
  2. hay.. nama saya try., salam kenal..,
    makasih sudah berbagi ilmu yang bermanfaat.. pasti sangat membantu teman-teman dalam mencari bahan referensi untuk mengerjakan tugas..

    Oh ia., saya juga punya pembahasan mengenai Paragraf. kalau ada waktu jangan lupa mampir baca Tugas Bahasa Indonesia 'Paragraf Deduktif & Induktif' dan Tugas Bahasa Indonesia 'Paragraf Argumentasi'. siapa tahu bisa bermanfaat..

    BalasHapus