Senin, 29 Februari 2016

Tutorial Leap Motion Virtual Hands pada Unity 5



Setelah pada tutorial sebelumnya, yaitu menginstall Leap Motion Core Asset, langkah selanjutnya adalah mencoba memasukkan objek Virtual Hands kedalam scene Unity. Bagaimana caranya ?

1. Setelah Leap Motion package diinstall, kita cari HandController prefab pada direktori Leap Motion -> prefabs -> HandController.prefab.

2. Drag HandController.prefab kedalam scene game


3. Pastikan posisi HandController.prefab (berbentuk ikon Leap Motion) diposisikan dalam jangkauan kamera atau persis di depan kamera.

4. Lalu coba pasangkan terlebih dulu Leap Motion device ke USB komputer, lalu klik tombol play, dan maikan.

5. Jika ukuran Virtual Hands terlalu kecil maka kita dapat melakukan transform yaitu memperbesar objek HandController, atau mendekatkan posisi kamera. Semua tergantung kebutuhan dan kreatifitas anda. Proses cara transform bisa dilakukan dengan mengubah nilai Scale pada  x, y, z di properti transform. Atau bisa juga dengan menekan tombol R pada keyboard. 


6. jika ukuran sudah dirasa pas, maka Virtual Hands akan terlihat proporsional


Nah, untuk dasarnya, kita sudah berhasil memasukkan objek Virtual Hands, secara default bentuk tangan virtual akan terlihat seperti screenshoot di atas.

Melakukan kustomisasi pada Virtual Hands

1. Kita dapat melakukan kustomisasi dengan membuat sendiri prefab dengan 3D modeller seperti blender atau 3DS MAX atau bisa menggunakan model-model yang sudah ada.

2. Kita bisa lihat di dalam folder Prefabs akan banyak pilihan, baik itu tangan robot ataupun tangan manusia. Tinggal menyesuaikan Hand Controller (Script) dengan prefab yang kita pilih. Sesuaikan Graphics dan Physics nya.


3. Jika diganti dengan model tangan manusia, Maka akan terlihat seperti berikut


Sampai jumpa di tutorial berikutnya!


Read Another


CATEGORIES


0 Comment :

davidpras1994@gmail.com

Name

E-mail *

Message *


G Plus
@davithace
PIN : 51E456D8
LINE : davithace

close