Jumat, 12 Februari 2016

[Review Film] The Lobster (2016)


"Because lobsters live for over one hundred years"

Yang membuat saya tertarik menonton The Lobster adalah ketika imdb mencap film ini bergenre romance-scifi yang saya pikir akan anti-mainstream. Berhubung saya meyukai genre scifi, maka saya prioritaskan. Selain itu, film ini adalah film baru yang mendapatkan cukup banyak penghargaan. Namun setelah saya cek kembali beberapa bulan kemudian, imbd merubah genrenya menjadi romance-comedy-drama.

Saya pikir kenapa diubah menjadi komedi? ternyata setelah menonton film ini, saya baru mengerti. Disutradarai oleh sutradara asal Yunani, Yorgos Lanthimos, The Lobster akan membawa penonton menertawakan banyak adegan-adegan yang sebenarnya adalah sebuah ironi. Selain itu, ke-absurd-an film ini juga bisa menjadi bahan tertawaan. Walaupun kita tidak akan sampai tertawa terbahak-bahak dengan guyonan yang disajikan.

Untuk sinopsisnya, disini saya tidak akan memberi tahunya karena saya rasa memberitahukan sinopsisnya saja sudah merupakan 'bocoran'. Karena film ini mengajak penonton untuk menebak-nebak apa yang sebenarnya dilakukan oleh David (Collin Farrell) dan apa yang terjadi pada orang-orang di film tersebut.

Jika belum melihat sinopsisnya, penonton akan bertanya-tanya tentang apa yang sesungguhnya ingin diceritakan film ini hingga 30 menit pertama. Apakah tentang lobster? atau tentang apa? Apalagi dengan melihat judulnya. Judulnya saja sudah memberikan banyak pertanyaan dan rasa penasaran bagi yang ingin menontonnya.

Dan ketika meyaksikan hingga endingnya, saya berkesimpulan sekali lagi bahwa The Lobster adalah film romans yang unik, non-konvensional dan tentunya non-picisan. Yang menjadi kekuatan film ini adalah dunia dimana bertebaran ironi percintaan yang terkadang diselubungi trik-trik yang busuk. Dimana perbedaan yang saling melengkapi hanya mitos. Dimana sebuah makna cinta dimanipulasi. Dimana cinta hanya bicara formalitas dan gengsi. Dimana ketulusan ternyata adalah barang mahal.

Bagi anda yang suka dengan film-film "tidak biasa", unik, dan anda menyukai film absurd, saya merekomendasikan The Lobster untuk masuk ke dalam watchlist anda.




Read Another


CATEGORIES


Tags

0 Comment :

davidpras1994@gmail.com

Name

E-mail *

Message *


G Plus
@davithace
PIN : 51E456D8
LINE : davithace

close