Kamis, 31 Juli 2014

Cara Membuat Model dan Animasi untuk Game 3D


Seringkali bagi teman-teman yang baru belajar membuat game 3D selalu melontarkan pertanyaan-pertanyaan berikut:

Bagaimana cara membuat model untuk game?
Bagaimana cara menganimasikan karakternya?

Model/karakter pada konteks membuat game 3D bisa juga disebut asset. Nah, mungkin pertanyaan tersebut terlontar karena teman-teman ingin memiliki model dan karakter original yang dibuat sendiri (tidak mendownload atau menggunakan asset yang sudah jadi).

Maka, kali ini saya akan berbagi tools-tools apa saja yang mungkin berguna dan akan sangat bermanfaat bagi para game maker pemula yang ingin tahu bagaimana cara membuat model dan animated-character untuk game 3D.

1. Google Sketchup

Google Sketchup adalah software yang dapat digunakan untuk membuat model 3D secara mudah dan cepat dibanding memakai software 3D lain. Alasannya, karena software ini memang dirancang khusus untuk membuat model seperti bangunan, kendaraan. Dengan interface yang cenderung sederhana dan mudah untuk dipelajari.

Tampilan Sketchup


Google Sketchup tidak mendukung animasi. Jadi kalian bisa memanfaatkan hanya untuk modeling saja. Selain itu, Sketchup memiliki versi free dan pro(berbayar). Tentu setiap versi memiliki fitur tersendiri. Kalian dapat menginstall berbagai macam plugin supaya modelyang telah dibuat dapat langsung dieksport ke dalam game engine yang kalian gunakan.

Google Sketchup juga memiliki situs yang menyediakan ribuan objek siap pakai yang dapat didownload secara gratis.


2. Fragmotion

Aplikasi yang satu ini merupakan tools yang juga cukup sederhana dan mudah untuk dipelajari. Software ini tidak seperti Blender atau 3DSMax yang cederung memiliki fitur yang lengkap dan mendetail sehingga sulit dipelajari. Fragmotion hanya fokus kepada pembuatan animasi frame-to-frame yang memang khusus dirancang untuk diterapkan ke dalam game. Maka, fragmotion tidak mendukung modelling.

Tampilan dan Teknik Animasi pada Fragmotion


Fragmotion juga langsung mendukung eksport model ke dalam format-format yang dapat langsung digunakan di game seperti format .mdl, .x, .obj, .smd dan sebagainya. Kemampuan impor-expor file bvh juga menjadi keunggulan. File bvh berperan sebagai animated-skeleton yang biasanya berguna untuk meniru gerakan manusia.


3. 3D Ripper

3D Ripper dapat digunakan untuk mengambil model-model dalam game yang berjalan dengan platform DirectX 6, 8 dan 9. Misal: kalian ingin mengambil objek mobil yang ada dalam game Need For Speed, maka kalian dapat menggunakan software ini sebagai solusi.

3D Ripper meawarkan beberapa fitur yang sangat berguna. Dengan 3D Ripper, anda bisa mendapatkan model secara instan dari game-game terkenal. Menarik bukan?


Contoh Scene yang diambil dengan 3D Ripper DX

keyword:


Read Another


CATEGORIES


0 Comment :

davidpras1994@gmail.com

Name

E-mail *

Message *


G Plus
@davithace
PIN : 51E456D8
LINE : davithace

close