Sabtu, 28 Juli 2018

Ubah Foto Jadul Hitam Putih Menjadi Berwarna dengan Colorize



Berawal dari rasa penasaran saya akan pertanyaan bagaimana video pada film dokumenter perang dunia ke dua bisa disajikan berwarna? Padahal saat itu kita tau bahwa pada tahun itu belum ada teknologi kamera dengan warna. Hanya hitam dan putih. Dunia seakan kelabu.

Seperti yang terlihat pada video National Geographic berikut 


Bagi saya, teknologi restorasi ini penting sekali untuk mengembalikan dan meng-upgrade dokumen sejarah menjadi se-nyata mungkin supaya bisa lebih menarik untuk dipelajari di masa depan.

Setelah googling, saya akhirnya tau bahwa saat ini ternyata memang sudah ada teknologi dengan algoritma pengolahan citra yang brilian dan kompleks yang bisa secara otomatis hanya dalam hitungan detik bisa "mewarnai" foto jadul alias foto hitam putih. Dan teknologi ini sekarang tidak eksklusif lagi. Kita sudah bisa mencoba, mengimplementasikan dan mengembangkannya secara bebas.

Kalian bisa langsung mencobanya di : 


Halaman utama Colorize, Tinggal upload dan lihat hasilnya..

Kodenya ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman Python

Source code bisa dipakai untuk pengembangan :
https://github.com/richzhang/colorization

Pada halaman abstraknya, mereka menyebutkan bahwa machine learning ini menggunakan "hints" yaitu saran warna yang ditentukan oleh komputer. Dan pada databasenya disebutkan bahwa sudah mengantongi lebih dari 1 juta referensi gambar dan warna. Sehingga hasil yang dikeluarkan oleh proses pewarnaan ini cukup nyata mendekati citra aselinya. 

Wah, keren banget ya!


Referensi Lengkapnya :




Read Another


CATEGORIES



1 komentar :