Sabtu, 19 Maret 2016

Work Hard, Play Harder

Garena Indonesia


Hampir seminggu ini gak update blog, akhirnya baru sempet update lagi. Oke, kali ini berhubung masih dalam euforia saya yang akhirnya mendapatkan pekerjaan resmi pertama setelah lulus kuliah. Setelah melalangbuana dengan project-project lepas yang selama ini saya kerjakan. Saya akan sedikit bercerita tentang pekerjaan resmi pertama saya ini.

Sebagai permulaan pengalaman saya, saya saat ini baru saja diterima kerja di Garena Indonesia, salah satu perusahaan provider IT dan game online yang cukup besar di Asia Tenggara (Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam, Indonesia) Sudah ada juga di Taiwan dan Russia. Perusahaan ini juga bisa dibilang sedang sangat on-fire di Indonesia. Beberapa game yang dibesut juga merupakan game besar antara lain Point Blank, League of Legends, FIFA Online 3, dan Heroes of Newerth. Selain itu, Garena juga merupakan penyedia produk aplikasi chatting yang cukup eksis yaitu Beetalk. Ada juga toko online Shopee, dan aplikasi pembayaran Airpay. Seiring berjalannya waktu, Garena yang berpusat di Singapura ini bisa saja menambah dan mengembangkan produk-produknya. Saya rasa teman-teman yang biasa main game sudah tidak asing dengan perusahaan ini. 

Sejujurnya saya bukan gamer. Awal mula ketertarikan saya pada perusahaan ini adalah ketika saya dan teman saya mengunjungi jobfair di UI. Dan saya pun waktu itu tidak kenal dengan Garena. Namun melihat stand-nya yang cukup megah berwarna merah dan menarik perhatian, saya menggali info lebih dalam. Oh ternyata kayaknya dari kelihatannya ini adalah perusahaan game multinasional. Wajar karena baru beroperasi tahun 2012 di Indonesia. Kalau seperti Gemscool, Lyto saya sudah tidak asing. Wah, makin lama saya makin tertarik. Berhubung memang saya punya keinginan untuk bekerja di multinational company.

Kira-kira stand-nya seperti ini, bahkan lebih megah

Statnd Garena di Jobfair

Langsung saya tanya-tanya sama yang jaga stand. Saat itu pokoknya saya sedang mencari posisi web developer. Harus web developer. Kebetulan ternyata Garena sedang membuka lowongan tersebut. Langsung tanpa pikir panjang saya drop CV disitu, karena saya pikir pasti seru nih kerja di lingkungan perusahaan game. Itu pikir saya, semoga kenyataannya begitu.

Seminggu saya tunggu kok belum ada panggilan, lalu hampir 2 minggu saya hampir menyerah lalu mencari pekerjaan lain via jobstreet. Secara tidak sengaja, saya cek garena, lalu melihat ternyata masih ada lowongan disitu. Iseng saya apply online. Tanggal 4 Maret saya apply. Lalu tidak disangka tanggal 5 Maret nya langsung dapet balesan dari bu Fathimah (HR Garena) untuk melakukan Test online. Lah itu bisa cepet. Kesimpulan saya berarti CV saya yang di jobfair gak dibaca -_- Lalu tanggal 7 Maret saya test untuk kerja di Garena, online selama 24 jam. Saat itu diminta untuk bikin suatu web dengan deadline 24 jam. Langsung saya kerjakan dan 8 Maret langsung diundang interview untuk hari Senin 14 Maret. Syukurlah tidak perlu basa-basi, hari itu interview hari itu juga diterima dan diminta kesediaannya kapan mau mulai kerja. Saya bilang secepatnya kalau bisa besok. Tapi saya baru mulai hari Rabu 16 Maretnya.

Baru 3 hari kerja sebenarnya belum banyak yang bisa saya ceritakan. Namun memang lingkungan Garena sepertinya cukup bersahabat dalam arti memang sesuai dengan syarat-syarat perusahaan ideal yang saya inginkan. Dengan slogannya Work Hard, Play Harder semoga tidak menjadi sekedar slogan. 

Terbukti sih, hampir seluruh karyawan disitu memang gamers, suka bermain dan mengerti game-game Garena. Mungkin hanya saya yang tidak begitu paham. Kerja disana kalau gak ngerti game ya aneh. Berarti saya aneh. hehe. Umumnya setelah jam kerja usai, masih ada yang bertahan di kantor nge-game atau sekedar internetan hingga larut. Karena rumah saya agak jauh dari kantor, saya mesti buru-buru pulang. Suka duka pasti ada nanti, tapi enaknya disana kita bisa bekerja, belajar dan bermain hampir dalam waktu yang bersamaan.

Tertarik? Kebetulan, saya cerita lebih banyak lagi disini

Garena Indonesia Office

Kalau mau main kesana bisa ke :

Wisma 77 Tower 2
Jl. Raya S. Parman
Slipi, Jakarta Barat


Read Another


CATEGORIES


11 komentar :

  1. Mantab gan... Kerja jadi serasa kayak nggak kerja ya ? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetep berasa gan.
      ane jarang maen game soalnya. haha

      Hapus
  2. Ngomong-ngomong berapa gaji yang diterima di sana gan?

    BalasHapus
  3. wah ane juga udah naro cv dan udah test psikotest disana gan tinggal nunggu nih Doain gan ane diterima, ini juga kerjaan pertama ane, doain ya gan ")

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah semoga keterima, sampai ketemu! :)

      Hapus
  4. gan ane punya byk pertanyaan nih :
    - tes onlinenya apa ya?
    - agan ngelamar posisi apa?
    - boleh tau gajinya berapa? pas ditawarin bs nego/nggak?
    - ane bsk tes+interview tp background bukan IT. kira2 tesnya ada bahasa pemrograman ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. -test online berbeda tiap divisi
      -ngelamar web dev
      -range salary coba cek disini
      www.qerja.com/company/salary/garena-indonesia-pt/
      -tentu kalo posisi IT pasti ada test bahasa pemrograman dong

      Hapus
  5. Gan, mau tanya waktu di kabarin balik sama HRD nya lewat telpon atau email?

    BalasHapus
  6. Gan mau tanya
    Waktu interview itu hrd, user, atau keduanya? Bisa cerita iviewnya seperti apa? Tekniskah
    Thanks

    BalasHapus

davidpras1994@gmail.com

Name

E-mail *

Message *


G Plus
@davithace
PIN : 51E456D8
LINE : davithace

close