Kamis, 31 Desember 2015

Cerita Ngeblog, dari Dulu sampai Sekarang



Saya membuat akun blog ini sudah lama. Ya kira-kira SMP kelas 3 lah sudah mulai buat akun. Lalu mulai mengisi blog ketika kelas 1 SMA , sekitar tahun 2009/2010. Waktu itu mungkin saya hanya ikut-ikutan teman saya tapi lama-lama seru juga. Sejak itu sudah beberapa kali ganti nama dan ganti domain.

Ketertarikan saya terhadap kegiatan ngeblog timbul ketika jamannya internet sedang berkembang. Warnet mulai menjamur. Saya jadi ingat waktu warnet menjamur, saya jarang dan bahkan tidak pernah main game online. Yang saya lakukan waktu itu di warnet lebih sering buka sosial media friendster dan akhirnya ngeblog.

Waktu itu cuma sekedar cuma copy paste kode HTML buat friendster dan blog jadi blink-blink berkelap-kelip saja sudah senang rasanya. Sampai sekarang akhirnya bisa utak-atik kode sendiri berbekal dasar pengalaman nge-develop web dan karena tiap hari kuliah IT juga. Saya tidak hobi menulis, tapi hobi ngeblog ini mewajibkan saya untuk bisa menulis. Ya sekedar tulisan random , kadang serius kadang tidak. Lalu menulis juga kegiatan umumnya orang introvert. Mungkin karena saya termasuk orang introvert jadi tidak masalah juga, dan betah menulis panjang-panjang di blog.

Ya begitulah, yang membuat menarik di blog itu bagi saya bukan hanya kegiatan menulisnya namun juga coding / programmingnya. Jangan salah, mempercantik tampilan blog, paham apa itu SEO (Search Engine Optimazion), belajar utak atik keyword supaya nangkring di halaman depan google, lalu mengatur kecepatan loading blog, untunglah itu semua ilmu yang sekarang jadi ilmu yang saya dalami. Jadi ngeblog ini benar-benar hobi yang sangat bermanfaat.

Dulu waktu SMP SMA belum punya uang untuk mengupgrade domain menjadi .com. Sekarang ya sedikit-sedikit sudah bisa memfasilitasi domain untuk hobi ini, manfaatnya supaya makin dipandang oleh google. Begitulah, walaupun sekarang sudah masuk 1 juta besar web di seluruh dunia, namun sampai sekarang belum mampu monetize atau meng-uang-kan blog ini karena masih minimnya traffic pengunjung. Tapi gak masalah juga sih, karena yang utama saya cari waktu membangun blog ini hanya sekedar kepuasan pribadi.

Lagipula, ngeblog bukan kegiatan mainstream yang orang-orang banyak lakukan. Jarang ada yang rutin ngeblog, tiap minggu misalnya. Kebanyakan orang pernah ngeblog, 2-5 posting lalu sudah entah bosan atau tidak menemukan feel-nya, itu juga tulisannya curhat. hehe. Padahal kegiatan ngeblog juga sangat bermanfaat loh bagi orang lain yang membutuhkan tulisan kita. Entah itu pengalaman kita, tutorial, link download, hingga artikel ilmiah juga bisa kok dipublish di blog. Anggaplah ngeblog ini adalah kegiatan menjalani hobi sambil menolong orang.


Read Another


CATEGORIES


0 Comment :

davidpras1994@gmail.com

Name

E-mail *

Message *


G Plus
@davithace
PIN : 51E456D8
LINE : davithace

close