Kamis, 26 November 2015

[Movie Review] The Standford Prison Experiment (2015)



24 dari 75 siswa Universitas Stanford terpilih untuk melakukan sebuah 'eksperimen' yang digagas oleh Professor Zimbardo. Sebuah eksperimen yang mensimulasikan penjara dan segala aktivitas didalamnya.

Dan rasa kesal ada di benak saya ketika selesai menonton film ini dan baru tahu ini adalah kisah nyata. Padahal jelas-jelas ada di posternya! -_-  . 2 kali sudah saya tidak menyangka film yang saya tonton adalah kisah nyata. 1 saat saya menonton Kill The Messenger, dan satu lagi film ini. Rasanya saya harus menggali wawasan lebih luas lagi. Namun ada bagusnya juga saya menjadi lebih tahu sejarah penelitian di bidang psikologi.

Ya, awalnya saya berharap banyak ketika melihat judulnya yang keren serta premis cerita yang menarik. Namun semua sirna ketika tahu bahwa The Standford Prison Experiment ternyata bukanlah kisah yang dikarang karena kisah ini benar-benar terjadi tahun 1971. Kebiasaan saya jarang lihat trailer ataupun cari tahu lebih banyak, maksudnya supaya lebih penasaran.

Jadi film ini adalah sebuah reka ulang sebuah studi psikologi bagaimana jadinya jika manusia-manusia dengan sifat baik ditempatkan pada tempat yang 'jahat'. Bahwa setiap orang ternyata punya potensi untuk 'menindas', menyalahgunakan kekuasaan atau wewenang dalam waktu yang singkat. Dan hal ini nyatanya memang dekat dengan kehidupan kita. Contoh simple di indonesia: OSPEK atau penertiban pedagang misalnya.

Dari beberapa sumber yang saya baca dan setelah menonton film ini, ternyata ini adalah sebuah penelitian yang bisa dibilang kontroversial dan sangat sadis karena berpotensi membahayakan mental si subjek. Dan hal itu benar-benar tergambar jelas di film ini.

Bagi yang mau menonton, saya sarankan cari tahu dulu tentang apa itu The Standford Prison Experiment, supaya konsen saat menonton dan tidak banyak menerka-nerka. Karena film ini punya kelemahan yaitu plot yang sangat lurus sekali berhubung film ini adalah kisah nyata. Tidak ada kejutan sama sekali. Sangat berpotensi membosankan bagi anda yang berekspektasi tinggi tanpa pengetahuan apapun. Kebalikannya, film ini mungkin akan sangat 'nendang' jika anda tahu dari awal bahwa film ini adalah true story.

Trailer :


Video asli The Standford Prison Experiment :



Read Another


CATEGORIES


Tags

0 Comment :

davidpras1994@gmail.com

Name

E-mail *

Message *


G Plus
@davithace
PIN : 51E456D8
LINE : davithace

close