Minggu, 22 November 2015

Contoh Proposal Proyek Teknologi Informasi



Matakuliah : Manajemen Proyek TI
Jurusan : Teknik Informatika / Sistem Informasi
Semester 3 - 6

Hai, kali ini saya mau nge-share tugas kelompok waktu kuliah MPTI, siapa tau ini bisa jadi bahan referensi teman-teman dalam membuat proposal di bidang IT. Perlu diingat lagi ini adalah proposal yang sangat-sangat basic atau dasar, Jika mau bagus, lebih detail, lebih profesional, lebih baik. Tapi waktu itu proposal ini dinilai sudah baik kok sama dosen :)

Butuh Versi Microsoft Word?

Proposal Proyek
Sistem Display Informasi Universitas Nasional


I. Ringkasan Masalah

1. Latar Belakang
Seiring dengan perkembangan teknologi informasi sekarang ini, semua orang ingin untuk mendapatkan informasi lebih banyak dalam setiap bidang kehidupan, dikarenakan di era ini informasi merupakan hal penting untuk diketahui. Perkembangan teknologi khususnya di bidang informasi telah berkembang pesat, dikarnakan informasi adalah suatu cangkupan pengetahuan tentang hal yang diperuntungkan bagi setiap orang.

Dalam era sekarang inilah dimana suatu lembaga didalam pembuatan maupun penyampaian informasi yakni cukup mudah untuk dilakukan, dikarnakan sudah adanya sistem yang bisa mengatasi kelemahan penyampaian informasi yang dilakukan secara manual yakni penyampaian informasi secara komputerisasi. Dimana saat pembuatan informasi secara manual membutuhkan banyak aktifitas yang harus dilakukan, bahan-bahan yang terus menjadi perantaranya, serta informasi itu tidak selalu up to date dimana informasi itu tidak selalu menampikan hal-hal baru dalam kurun waktu hari itu, serta penyampaiannya tidak terlalu menarik yang mengakibatkan orang-orang malas untuk membaca informasi tersebut.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, maka penulis ingin merancang pembuatan sistem informasi secara komputerisasi untuk mendukung penyampaian informasi “Universitas Nasional”. Yang nantinya akan dipergunakan oleh seluruh mahasiswa maupun seluruh orang yang berada didalam area “Universitas Nasional” untuk bisa mengambil informasi yang berhubungan dengan kebutuhan perkuliahan. Maka dibuatlah suatu alat informasi dengan konsep display informasi monitor yang bermaksud, menyediakan informasi yang berkaitan dengan perkuliahan di dalam satuan display monitor sehingga mahasiswa bisa mendapatkan informasi lebih dari perkuliahaan seperti :

• Pengumuman Fakultas / Universitas
• Penambahan Waktu Kuliah Pengganti
• Kehadiran Dosen Pengajar

Yang nantinya bisa menjadikan perkuliahan menjadi lebih efisien dikarnakan sistem ini menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh mahasiswa, dalam mendapakan informasi seputar perkuliahan yang berlangsung atau apa saja pengumuman yang dibuat oleh masing masing fakultas.

2. Stake Holder
• Project Sponsor : Universitas Nasional
• Project Manager : David Prasetyo Budi Arianto
• System Analis : Indra Darmawan
• Layout Designer : Ari Gunawan
• Programmer : Gisnu Gintara
• Teknisi : Nasor Pahabol
• Vendor : Toshiba

3. Users
• Administrator
• Fakultas
• SPA

4. Sumber Daya
• Hardware
1. PC Komputer
2. Monitor LCD 31’’
3. AMD VGA Card ATI Radeon 2GB DDR3
4. VGA Spliter
5. VGA Cable
6. Konverter S-VIDEO (Untuk Tampilan)
7. Kabel RCA (Untuk Audio)
• Software
1. Delphi 8.0
2. Database MySql
5. Resiko
Ada sedikit resiko sistem daripada penerapan proyek ini, diantaranya :
• Dalam proses relasi database antara SPA dengan aplikasi. Modul yang ada di database sebelumnya belum tentu cocok dengan sistem yang
dibutuhkan sehingga dimungkinkan adanya beberapa penyesuaian.
• Kerusakan barang akibat cacat produk, kesalahan teknis maupun perusakan secara disengaja (vandalisme).

II. Rancangan Solusi
1. Gambaran Umum

Sistem yang akan dibuat ini bertujuan untuk memudahkan mahasiswa dalam pengambilan informasi yang terkait dengan proses perkuliahan diantaranya seperti kehadiran dosen pengajar, jadwal kuliah pengganti, serta pengumuman yang akan di uumkan oleh fakultas, seperti pengumuman akan Peraturan,Tata Cara Ketentuan, Penyampaian Tugas Akhir, Seputar Sidang, Pemberitahuan, Amanah, dan lain lain. Sistem ini nantinya akan berbentuk display monitor, dimana setiap monitor akan ditempatkan disetiap fakultas, untuk ditampilkan kepada seluruh mahasiswa di fakultas tersebut. Setiap fakultas mempunyai satu display monitor yang membagi beberapa fitur yang dinamakan “blok”. Satu display monitor di fakultas akan mencangkup 3 blok yakni , , dan atau . , dan blok akan di relasikan dengan database yang diinputkan oleh SPA yang seterusnya akan di tampilkan ke masing-masing fakultas sesuai dengan inputan . Kemudian pada input/ updatenya akan di lakukan oleh setiap fakultas masing-masing. Tampilan Gambar seperti berikut:



Gambar 3.1

Spesifikasi pada display informasi ini mempunyai size 32 inch dengan resolusi pemakaian 1366x768 dikarnakan program akan di Stretch untuk kejelasan dari tampilan“text”.


2. Daftar Fitur / Modul /Komponen
Fitur-fitur yang disediakan dari project ini sebagai berikut :
• Penggumuman Fakultas / Universitas
Dimana jika ada informasi yang diberikan oleh fakultas / Universitas, informasi langsung dapat di update oleh fakultas / Universitas dan ditampilkan pada display informasi.

• Penambahan Waktu Kuliah Pengganti
Jika ada kuliah pengganti, maka sistem akan mengambil database tersebut dan menampilkan kuliah penganti apa saja yang ada di fakultas. • Kehadiran Dosen Pengajar
Setiap dosen yang telah absen dan hadir mengambil absesi matakuliah di SPA, maka petugas SPA akan menginput kehadiran dosen tersebut, kemudian secara otomatis sistem akan mengambil database tersebut, laluditampilkan di layar monitor bertahap “Hadir”. Sedangkan jika dosen tidak hadir > 20 Menit, maka sistem akan menyatakan ”Tidak Hadir” di layar monitor.

• Pesan Sponsor
Layar monitor juga dilengkapi dengan pesan sponsor berbentuk teks atau video jika ada. Dengan demikian UNAS dapat meningkatkan pendapatan melalui sponsor resmi UNAS.

3. Cakupan Tahapan Versi (Optional)
• Poject Tahap 1
Analisa terhadap sistem akademik online dan absensi yang ada di UNAS.

• Project Tahap 2
Dalam Waktu 2 Bulan masa pengimplentasikan Software Aplikasi dimana Programmer berserta Layout Designer akan merancang penerapan aplikasi untuk project ini. 

• Project Tahap 3
Instalasi hardware yang akan di pasang oleh teknisi yang nantinya akan memasang monitor di setiap fakultas. Selain itu, juga dilakukan instalasi terhadap konektivitas monitor dan aplikasi yang telah dirancang.

• Project Tahap 4
Masa testing sistem untuk menemukan suatu masalah/bug yang terjadi pada sistem ini.

• Project Tahap 5
Dimana dalam tahapan ini, saat terjadi masalah/bug pada project, akan dilakukan Maintenance untuk memperbaiki masalah/bug yang terjadi pada sistem agar sistem ini bisa dipergunakan dengan baik. 

4. Fitur/ Modul/ Komponen yang tidak termasuk proyek
• Koneksi internet
• Server Unas
• Perangkat PC
• Sistem Operasi Windows (Untuk Admin)

III. Rencana Kerja
1. Task List (Daftar Kegiatan)


2. Mapping (Persyaratan Berikutnya)
3. Durasi 


 IV. Rencana Biaya

1. Biaya Tenaga Kerja

Tenaga Kerja
Task
Durasi (hari)
Gaji/Hari
Jumlah  Biaya
Project Manager
1
54
230.000
12.420.000
System Analis
1, 3
37
200.000
7.400.000
Programer
2, 4
67
100.000
6.700.000
Layout Designer
2
60
100.000
6.000.000
Teknisi
3, 4
37
75.000
2.775.000
Total
35.295.000

2. Biaya Beli Alat

Komponen/Alat
Jumlah
Harga
Jumlah Biaya
PC Komputer
14
1.500.000
21.000.000
AMD VGA Card ATI Radeon  512 MB
14
500.000
5.600.000
Monitor LCD 32’’
14
3.000.000
42.000.000
DVI-I SPLITTER CABLE TO YPBPR + VGA F
14
200.000
2.800.000
16-Port  Switch Hub D-Link DES-1016A
3
500.000
1.500.000
KABEL LAN Cat5e patch cord 15 meter
14
50.000
700.000
Total
73.600.000

V. Penutup 
Demikian proposal proyek ini kami buat berdasarkan kebutuhan yang sesuai dengan kondisi di lapangan, serta mudah-mudahan proyek sistem display informasi ini dapat menjadi perhatian pihak project sponsor.
Besar harapan kami kiranya proposal kami ini dapat disetujui oleh pihak project sponsor guna mendukung kegiatan perusahaan kami dalam mengelola usaha bidang Teknologi Komunikasi dan Informatika. Atas segala perhatiannya kami ucapkan terima kasih



Butuh Versi Microsoft Word?



Read Another


CATEGORIES


2 komentar :

  1. izin copas ya, makasih banyak :)

    BalasHapus
  2. Link buat yang format wordnya ga bisa diakses mas

    BalasHapus

davidpras1994@gmail.com

Name

E-mail *

Message *


G Plus
@davithace
PIN : 51E456D8
LINE : davithace

close