Kamis, 17 September 2015

Tren Film Distopia, Yang Mana Favorit Anda?



The Hunger Games, The Maze Runner, Divergent. Di abad ke 21 ini paling tidak ketiga judul dengan tema distopia itulah yang berhasil mengambil hati para penikmat film dan novelnya. Digarap dengan budget mumpuni dan profesionalisme hollywood, alhasil film-film ini laris di setiap sekuel karena orang penasaran akan kelanjutannya.

Antusiasme film genre Distopia ini muncul sejak kemunculan The Hunger Games yang membuat nama Jennifer Lawrence langsung terbang tinggi bak dihempas angin. Sosoknya yang sekarang sangat melekat dengan tokoh Katniss Everdeen mengingatkan kita pada Daniel Radcliffe dengan peran Harry Potter ataupun Tobey Maguire dengan sosok Spiderman. Artinya mereka semua berhasil memerankannya dengan baik. Hingga penonton lupa nama asli mereka.

Sebelum itu apa sih Distopia? Menurut Wikipedia Distopia adalah masyarakat fiktif yang merupakan antitesis atau berlawanan dengan utopia. Masyarakat distopia umumnya hidup di bawah pemerintah yang totaliter atau otoriter, atau diawasi di bawah pengawasan sosial yang ketat dan menindas. Distopia biasanya terjadi pada masa depan bayangan atau sejarah alternatif, dan eksis akibat perbuatan manusia (merujuk kepada kesalahan yang dilakukan atau malah hanya merujuk kepada tindakan manusia yang sekadar berdiam diri dalam menghadapi masalah ).

Intinya Distopia adalah dunia dengan bau politik yang kental. Pada kasus ini, ditambah film-film di atas dibungkus latar belakang fiksi sains yang sangat menarik. Visual efek yang mumpuni, dunia fantasi modern dan ceritanya yang digandrungi kaum remaja.

Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap film tersebut memiliki kualitas cerita yang bagus serta segar, membuat film-film ini tidak cukup dibuat 2 x. Ya, bergantung dari Novelnya, setiap film ini sudah pasti akan dibuat trilogi atau tetralogi untuk the maze runner. Selain storyline yang menarik untuk diikuti, jangan lupakan aktor-aktris muda yang tampan dan cantik tentunya makin memikat kaum muda untuk menontonnya.

Sekilas sinopsis tentang 3 film ini :

sinopsis : The Hunger Games
Berkisah tentang negara yang dibagi dalam distrik-distrik. Dikuasai oleh presiden Snow yang tamak, keji dan pilih kasih terhadap rakyatya. Untuk menjaga keseimbangan distrik dan menghindari konflik antar distrik, maka dilakukan pertandingan tahunan dimana masing-masing distrik mengundi sepasang wakilnya untuk bertarung di arena Hunger Games. Bagi yang sudah terpilih, pilihan hanya 2, menang dan mengangkat nama distriknya, atau mati.

Sial atau beruntung? seorang Katniss Everdeen dengan keberaniannya menggantikan adiknya yang terpilih. Didampingi seorang laki-laki yang sama-sama dari distrik 12 Peeta Mellark. Kedatangan Katniss ternyata membawa perubahan besar pada Hunger Games. Perubahan yang membangunkan seluruh distrik untuk melakukan pemberontakan melawan kekejaman Snow.



sinopsis : The Maze Runner
"The Maze Runner" mengisahkan tentang Thomas (Dylan O'Brien) secara tiba-tiba terbangun di tempat bernama Glade. Glade merupakan tempat yang dikelilingi tembok labirin raksasa dan dijaga oleh makhluk-makhluk mengerikan yang disebut Grievers. Setelah terbangun di tempat asing, Thomas juga tidak ingat apapun selain nama depannya. Glade dihuni oleh banyak remaja, semuanya memiliki pekerjaan khusus. Seiring waktu, Thomas mengetahui bahwa anak-anak tersebut telah berusaha untuk keluar dari labirin selama dua tahun dan sengatan dari Grievers dapat mengembalikan ingatan mereka dari masa lalu.

Setiap hari, beberapa anak akan mencoba memetakan pola yang selalu berubah dari dinding labirin tersebut. Setiap bulan ada seorang anak yang baru, tetapi setelah seorang gadis tiba dengan pesan mengatakan bahwa dia adalah yang terakhir, gadis itu justru mengalami koma. Thomas menyadari dirinya dapat mendengar gadis itu berbicara di kepalanya dan ketika dia terbangun, mereka bersatu bersama dengan lainnya mencoba mencari cara untuk melarikan diri. (wowkeren.com)

sinopsis : Divergent
Film aksi berjudul “Divergent” menceritakan tentang manusia dewasa yang dibagi menjadi lima jenis menurut karakteristik mereka masing-masing. Kelima jenis kategori tersebut adalah Candor (jujur), Erudite (genius), Amity (suka damai), Dauntless (pemberani) dan Abnegation (penolong tanpa pamrih).

Sedangkan untuk kategori "Divergent" adalah kategori yang tidak termasuk ke dalam kelima jenis kategori karakteristik tersebut karena memiliki berbagai macam kepribadian yang menonjol dalam dirinya. 

Seorang wanita bernama Tris, diperankan oleh Shailene Woodley harus menghadapi tes penentuan nasibnya.Tris merasa gugup dan penasaran sekaligus ingin mengetahui berada di golongan manakah dia berada. Namun di saat menjalani tes, Tris merasa ada yang tidak beres dan kemudian hasilnya dia tidak termasuk ke dalam 5 golongan yang ada.  Lalu seorang wanita yang menguji dirinya dan menyuruh Tris untuk menjaga rahasia identitas dirinya sebagai  seorang Divergent. (sinopsisfilem21.blogspot.co.id) 


Nah, Jadi yang mana favorit anda?
Kalau saya yang punya paket lengkap, dan juga memang saya dari awal tertarik dengan mbak J-Law, jadi saya pilih The Hunger Games. :)


Read Another


CATEGORIES


Tags

0 Comment :

davidpras1994@gmail.com

Name

E-mail *

Message *


G Plus
@davithace
PIN : 51E456D8
LINE : davithace

close