Minggu, 22 Maret 2015

Thankyou! Reupload JKT48

Mungkin beberapa dari kalian belum tau tentang apa itu Project Reupload, Klasemen & MyJKT48Theater. Oke, sekilas penjelasan singkat mengenai project-project itu.

Ketiga project itu adalah project sukarela dari kumpulan fans JKT48 yg terampil di bidang IT. Mereka meluangkan waktu mereka untuk membuat sistem informasi yang bertujuan untuk memantau aktifitas member, ex-member dan para fans di media sosial terutama Twitter.

Inilah beberapa fitur dari project2 tersebut :

Reupload

Mengupload ulang aktifitas member, bahkan bisa membackup deleted tweet. Reupload juga tersedia dalam bentuk aplikasi android, yang membuat kamu bisa mengaktifkan notifikasi member yang ingin di-kepo-in.



Klasemen.

Klasemen berbentuk website. Menyajikan data berupa grafik dan angka yang dihasilkan secara otomatis dengan mengambil informasi berdasarkan query (sintaks) pencarian di social media.

Jumlah follower, grafik pertumbuhan follower, korelasi mention antar member, jumlah fans. Bermanfaat sekali untuk bisa mengetahui perkembangan / popularitas member secara objektif.

Lalu fitur di sisi fans:
Prediksi siapa oshimu, daya tarik mention berdasarkan banyaknya retweet/fav, presentasi member yang paling banyak dimention, dan masih banyak lagi.


MyJKT48Teather

Menyajikan jadwal teater, susunan member yang perform hari itu, dan langsung memberi tahu jika ada member yang berhalangan diganti, secara realtime. Lalu ada juga rekap live report. Tersedia dalam bentuk aplikasi android. Hal ini bahkan tidak dimiliki oleh official. Dan semua bisa dinikmati secara gratis. Ya, GRATIS dan dibuat oleh FANS.


Saya mau saja menjelaskan secara rinci tapi takutnya malah nantinya tidak bisa dipahami. Tapi sudah terlihat bukan? kalau project ini rumit dan tidak main-main. Dan manfaatnya? sangat-sangat terasa. 

Terlepas dari dampak positif dan negatifnya, karena informasi yang deras mengalir dari project Reupload ini. Tentunya informasi yang apa adanya, tanpa difilter, karena data-data yang muncul dihasilkan secara realtime oleh komputer server yang diintegrasikan dengan social media.

Nah, Lalu sabtu kemarin terdengar kabar bahwa reupload dkk dihack. Malam itu saya coba buka, ternyata web klasemenjkt48.com masih hidup. Namun memang terlihat sudah kolaps. Ada beberapa fitur yang hilang dan berjalan tak semestinya.

Hari minggunya, tepat hari ini Reupload dan project lainnya resmi ditutup. berikut surat terbuka dari admin Reupload.


Mengapa project-project klasemenjkt48 dan lain-lain dihentikan/ditutup?

Kejadian bermula hari Sabtu tanggal 21/3/2015 pukul 14.48, admin utama reupload diberi tahu oleh salah satu teman kalau web klasemenjkt48.com di-deface oleh sekelompok orang yang mengatasnamakan JKT48 Cyber Team. Admin tersebut sudah jarang mengecek/maintenance kondisi klasemenjkt48 karena kesibukannya, kemudian mengecek server dan mengembalikan seperti semula. Admin juga melakukan perbaikan sebisanya, supaya tidak bisa dihack kembali. Admin tidak mengetahui dari celah mana/dengan cara apa sekelompok orang tersebut bisa memasuki tanpa izin system klasemenjkt48. Yang admin tahu adalah sekelompok hacker tersebut berhasil menyusupkan beberapa file di server klasemen, kemudian admin pun menghapus file-file “haram” tersebut. Berdasarkan halaman deface-nya terdapat nick siapa saja anggota tim yang meng-hack tersebut. Admin iseng-iseng stalk beberapa akun twitternya, dan dari twit mereka memang terindikasi telah melakukan penyusupan tanpa izin pada system klasemenjkt48. Indikasi yang mereka lakukan adalah mereka telah mencuri file-file source code klasemen dan database-nya juga (dengan mengunduhnya dan menduplikasinya pada komputer mereka). Dan ketika admin sudah menghapus file-file “haram” yang mereka susupkan tersebut, sepertinya mereka juga sadar bahwa admin telah bertindak dan mengetahui kalau mereka telah menyusup ke dalam klasemenjkt48. Admin lihat mereka sangat bangga sekali dengan apa yang mereka telah kerjakan, Good Job. Tetapi admin pikir mereka tidak akan melakukan hal-hal yang lebih jauh lagi dan merugikan orang banyak, karena tindakan mereka sudah ketahuan admin. Pada saat itu mereka juga belum memberi tahu pihak admin klasemenjkt48 mengenai cara/celah di mana mereka bisa menembus system klasemenjkt48.

Kemudian pada malam harinya tidak disangka-sangka mereka ternyata melakukan hal yang lebih jauh dan lebih parah diluar perkiraan admin. Mereka memainkan akun reuploadjkt48 dan me-twit suatu fitnah kepada member JKT48. Hal ini sangat merugikan bagi pihak member sendiri maupun pihak klasemenjkt48. Memang fitnah lebih kejam dari pembunuhan. Karena itu diluar jangkauan admin untuk ditangani, dan admin pun tidak tahu lagi harus berbuat apa. Berdasarkan rapat pleno para admin, untuk tindakan cepat adalah diputuskan dengan mematikan server dan men-deactivate akun reuploadjkt48 dll. Karena admin memiliki banyak kesibukan, dan sistem klasemenjkt48 sudah diset otomatis sehingga jarang perlu dilakukan maintenance/pengecekan. Dan admin tidak mungkin setiap saat harus mampu dan siap siaga untuk menangani hal-hal serupa apabila pada kemudian hari terjadi kembali, karena ini adalah di luar kendali admin. Admin juga tidak terlalu mengerti security dalam suatu web, admin hanya mengerti bagaimana mengimplementasikan ide ke dalam suatu source code dan menge-test-nya. Admin memutuskan untuk lebih baik menghentikan/menutup klasemenjkt48 dan sister projectnya agar tidak terjadi kembali fitnah-fitnah oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Admin sebenernya juga kesel karena source code dan database yang dibuat secara sukarela dicuri oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Apabila anda merasa punya kreativitas untuk membuat hal yang serupa silahkan saja membuatnya, dan selamat berkreasi. Dan untuk para pihak-pihak yang telah mendapatkan source code dan database klasemenjkt48, kami harap agar tidak menggunakannya untuk kepentingan pribadi atau umum, karena barang itu adalah barang haram bagi anda. Demikian surat terbuka dari admin klasemenjkt48, dan kesimpulannya admin memutuskan untuk menghentikan project ini. Terima kasih atas dukungan, saran, kritik, dan donasi selama ini terhadap perkembangan project ini. Mohon maaf apabila ada pihak-pihak yang dirugikan oleh project ini. Dan untuk pihak-pihak yang merasa project ini sangat berguna, kami juga mohon maaf sedalam-dalamnya dari kami karena project ini harus berakhir disini. Setiap pertemuan pasti ada perpisahan, setiap awal pasti ada akhir, setiap yang diciptakan pasti suatu saat akan dimusnahkan, tidak ada yang kekal kecuali Tuhan YME.

Demikian project klasemenjkt48 (12 Januari 2013 – 21 Maret 2015).

Regards,

Admin klasemenjkt48

Miris ya. Disini saya melihat bahwa fandom yang saya banggakan dulu bersama project kreatifnya malah menjadi wadah saling serang, menunjukan eksistensi diri dengan cara yang kekanak-kanakan, bukannya menjadi wadah untuk saling support.

Bukan kali ini saja mereka berulah, sebelumnya juga banyak hal lain yang mereka lakukan yang tentunya bersifat merugikan pihak lain.

Yang membuat fandom ini menarik bukan hanya di dalam performance JKT48, tetapi topik-topik di luar teater / diluar panggung yang sama-sama menarik untuk diikuti.

Dulu saya berharap JCT beserta pengikutnya akan jadi fandom kreatif yang menghasilkan karya-karya bermanfaat. Namun apa daya, mereka hanya bisa menyombongkan skill mereka tanpa tujuan yang jelas maupun yang bermanfaat untuk orang banyak. Bahkan ketika dikritik, beberapa akun yang mengaku anggota JCT malah berkelit "elo bisa nggak begitu?" (elo bisa nggak? ngehack, ngerusak web, mencuri data, dsb).

Kesombongan yang luar biasa, seakan dunia Hacking/Cracking adalah pekerjaan paling keren di dunia. Apakah saya bisa bertanya pada seorang programmer, apakah anda bisa pergi ke bulan? tentu tidak karena programmer bukanlah astronot. Bisakah saya bertanya pada seorang hacker, apakah anda bisa mengoperasi jantung orang? tentu tidak karena Hacker bukanlah dokter.

Setiap orang punya kemampuan di bidangnya masing-masing. Sama sekali tidak ada yang bisa disombongkan. Dan skill tanpa diimbangi attitude tidak akan menghasilkan apa-apa. Percayalah.

Project serupa tentunya akan segera muncul, tapi adakah yang bisa menjamin kredibilitas pembuatnya? Apakah source code yang digunakan bukanlah hasil curian? tentunya tidak. Malahan jika script sudah jatuh ke tangan yang salah, maka bisa dipastikan project sudah tidak kredibel dan hanya dipakai untuk keperluan pribadi.

Dari awal saya tahu project reupload, klasemen dkk, saya sudah salut karena kemampuan maintenance server, entah apakah mereka mendapat dukungan finansial yang cukup utntuk merawat server dan mengupgrade kode sesuai dengan kondisi JKT48 saat ini. Salut juga karena kecepatan update mereka melakukan development API (semacam kode program sebagai dasar untuk memanipulasi socmed).

Sebagai penutup, saya ingin berbagi cerita.

Kebetulan saya sedang kuliah jurusan IT, saya memberi tahu teman-teman sesama jurusan tentang betapa kompleksnya sistem "iseng" Reupload & Klasemen ini. Teman-teman saya bukan fans , tapi cukup kagum dengan ide Reupload & Klasemen. Menggangap bahwa project ini kelewat niat, gila, level pro, dsb. Sistem ini bahkan tidak ada di belahan bumi manapun.

Lalu sekarang, apa? Seakan sudah tidak ada yang bisa dibanggakan lagi di fandom ini. Saya sudah tidak bisa pamer tentang salah satu karya paling kompleks, kreatif dan paling bermanfaat yang pernah dibuat oleh 'fans JKT48'.

Saya merasa telah belajar banyak dari Project Reupload.

Artikel ini khusus saya persembahkan sebagai rasa terima kasih atas dedikasi para admin reupload.

Thank you sekali lagi, sukses terus buat para admin :)





Read Another


CATEGORIES


2 komentar :

  1. Setuju gan ._.
    padahal Reupload itu berguna bgt buat fans, terutama Rekap My Theater
    skrg, gone
    ulah bocah bocah JKT48 cyber (dog) team
    mereka mau ngidol atau hacking sih, aneh aneh aja
    entah kenapa para anggota JCT udah heartless dah
    bang bimadnt sama temennya udah susah susah bikin reupload
    mereka sama sekali gk ada masalah sama JCT
    eh, di hack, otak mana otak?, JCT emang mending mati aja dah
    mereka ngehack juga bisa dibilang agar "dianggap pahlawan" oleh member ._.
    miris gan
    semoga aja ada yg bakal ngerestore reupload dan membuat gerakan nglawan JCT
    gk butuh JCT di JKT48

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah, begitulah.
      Reupload tinggal kenangan.

      Hapus

davidpras1994@gmail.com

Name

E-mail *

Message *


G Plus
@davithace
PIN : 51E456D8
LINE : davithace

close