Minggu, 08 Februari 2015

Alesan Kenapa Bikin Idolchip


Hai, lama gak nulis. Bahasanya rada santai aja ya, soalnya lagi agak males milih kata-kata formal. Mau coba ngisi blog ini lagi. Sayang kalo dianggurin.

Karena blog ini masih seputar ngidol, ya gue mau coba angkat topik ngidol aja. Dan mungkin udah saatnya gue tulis sebenernya apa sih yang bikin gue bikin blog ini?

Iseng

Alasan awal bikin idolchip adalah iseng, dan karena gue punya blog yang biasa gue pake buat nulis hal-hal yang gue anggep menarik. Gak taunya keterusan dan lama-lama ngebahas jiketi mulu. Dari topik yang santai sampai yang serius.

Idolchip sebenernya gue bikin sebagai media untuk orang yang baru atau pingin kenal jiketi.

Ya, gue waktu beli domain ini juga anak baru yg seneng sama keseruan-keseruan yang gue alami waktu awal kenal fandom ini. Gue pingin langsung sharing ke temen-temen yang belum bisa ngerasain. Setiap artikel gue dulu selalu bahas tentang uniknya jiketi, apa sih yg bikin orang tertarik. Gimana sih rasanya pertama kali teater, pertama kali HS. Karena gue yakin, yang namanya pengalaman pertama ya gak bakal bisa keulang.

Alhasil ada (banyak) yang merasa terbantu, merasakan hal yang sama. Sama sama pernah bingung di teater, pernah dibully, sama sama pernah grogi waktu HS di depan oshi. Trus akhirnya jadi banyak yang ngobrol sama gue di sosmed, jadi dapet temen dan sayangnya gue belum sempet ketemu langsung. :(

(Siapa tau) Bisa jadi jembatan antara fans dan non fans.

Setiap artikel kebanyakan mungkin gue bikin pakai bahasa yang sebisa mungkin dimengerti dengan mudah, bahkan untuk non fans. Istilah-istilah yang gak ada di kalangan umum pasti gue jelasin. Kenapa? supaya jika ada non fans yang baca, mereka juga tau sebenarnya ngapain sih kita-kita ini, kenapa seneng banget sama grup ginian.

Ada yang mau mengerti, ada yang bodo amat, ada yang kekeuh tetep jadi pembenci jiketi dan fansnya. Dan yang paling asyik, adalah ketika ada yang jadi ikutan ngefans karena baca blog ini. hehehe :)

Idolchip gue bikin, supaya orang (mungkin) bisa liat kalo fans Jiketi itu juga orang-orang biasa, yang punya hobi gak biasa, yang punya kreatifitas (luar biasa).

Ya, sejauh ini sih begitulah yang gue liat. Sedikit naif memang, seakan ingin menyombongkan kalau fans jiketi itu lebih baik, paling baik. Sebenernya nggak. Fans jiketi juga gak semuanya orang bener. Gak semuanya orang gak bener. Ya namanya sekumpulan manusia dari berbagai latar belakang, masa iya sempurna?

Yang mau gue tonjolin di blog ini ya sisi positif fans nya aja lah. Kreatifitas fans yang dulu sering gue bahas. Kelewat kreatif, kelewat niat, kadang gue sampai geleng-geleng kepala. Sebagai penyeimbang aja sih, disaat masih ada orang yang anggap fandom ini aneh dan gak guna. Di sisi lain ternyata fandom ini banyak sarjana nya, lalu banyak kalangan professional yang setiap ide dan karyanya gak bisa dianggap remeh bro.


Nah, Penutup nih.


Akui aja kalau memang Idol Grup ini benar-benar sudah besar dan mapan di dunia hiburan Indonesia. Apa yang dibahas di blog ini pun malah sekarang dibahas juga di tivi. Gue kayaknya udah gak perlu bikin penjelasan macem-macem lagi kenapa Jiketi begini, kenapa jiketi begitu. Lha wong tiap weekend udah punya acara sendiri. Fanbase juga tersebar luas, besar dan solid. Televisi yg punya hak siar udah bukan RCTI doang. MNC, Suryacitra, Trans, Viva, semua udah pernah nyicip manisnya bisnis idol grup ini.

Pembukaan audisi Generasi ke 4 pun mejadi bukti kalau fans masih butuh konsep yang selalu fresh. Disaat girlband/boyband lokal lain mulai tumbang karena usia, ego,kisruh manajemen dan sepi job, Jiketi masih membuka Generasi 4! yang berarti nantinya akan ada sekitar 80 member! "Banyak amat sih?! Mau tawuran ya?!" Jawab aje, iyaaa!! Tapi karena konsep 'tawuran' inilah, nyatanya membuat jiketi selalu hidup.

Pamit sementara

Jujur sekarang kompleksitas fandom ini udah jauh diluar kemampuan gue untuk mengakomodir semua topik, semua opini, semua berita dari yang picisan, gosip sampai yang bener-bener berkualitas. Dengan sekitar 60an member yang ada, berarti ada 60an pribadi yang masing-masing unik dan punya daya tariknya sendiri. 3 Tim, teater tiap hari, event yang berdekatan, ditengah kesibukan gue yang hampir kelar dunia kuliah dan masih bau kencur di dunia kerja, agak sulit ngimbanginnya.

Jadi mungkin mulai sekarang, ulasan ulasan gue tentang kegiatan jiketi akan berkurang. Update dari fandom ini kecepatannya per-detik per-menit loh, jadi gue udah gak mungkin tekunin blog ini sampai dalem. Dan gue tekankan lagi bahwa idolchip ini adalah blog pribadi yang pasti opininya sangat-sangat subjektif. Bawa santai ajeee... Setuju sama tulisan gue ya terima kasih, kalo nggak setuju ya monggo kritik dan sarannya pakai cara yang beradab.... hehe

Ah, uneg-uneg gue keluar juga. Gue gak nyesel bikin blog ini, gue malah merasa jadi punya dokumentasi pribadi, yang kalian pun bisa ikut lihat.

Dah, sampai jumpa di tulisan berikutnya ya.. yang entah topiknya apa lagi gue jg gak tau gimana ke depannya, apakah blog ini masih layak pake nama idolchip atau nggak..
:)



Read Another


CATEGORIES


Tags

0 Comment :

davidpras1994@gmail.com

Name

E-mail *

Message *


G Plus
@davithace
PIN : 51E456D8
LINE : davithace

close