Kamis, 03 Juli 2014

JKT48 School Live on Theater



Apa itu JKT48 School?

Pada bulan Ramadhan ini Teater JKT48 secara khusus mengadakan event yang dinamakan 'JKT48 School'. Episode 1 sudah ditampilkan pada 1 Juni 2014 lalu dan rencananya akan terus diadakan selama bulan Juli ini.

JKT48 School muncul pertamakali tahun 2012 di layar kaca sebagai acara variety show yang menunjukkan bagaimana para member belajar dan bermain layaknya sedang bersekolah. Nah, sekarang acara ini disajikan secara live di teater.

Episode Pertama JKT48 School di Global TV
Acara ini sebenarnya juga menunjukkan bahwa yang dianggap orang kalau teater itu adalah tempat para member berakting 'teatrikal' (bukan menyanyi dan menari) ada benarnya juga. Di event JKT48 School, para member berakting layaknya guru dan murid . Ada yang mengajar, ada yang ngobrol di kelas, ada yang tidur, bahkan ada yang disetrap (dihukum).

Review Pribadi

Kemarin (2/7), Saya berkesempatan untuk mengikuti event ini. Awalnya diajak oleh seorang teman, dan saya tidak terlalu berniat mengikuti event ini. Eh, tapi yang menang verif malah saya. Alhasil saya berangkat sendirian menerjang macet dan hujan, untungnya saya bertemu teman lama disana. Jadi minimal ada teman ngobrol.

Acara dimulai pukul 8 malam. Kageana (Pembukaan) oleh Milen. Lalu yang berperan menjadi guru adalah Kinal, Yupi dan Vanka. Member gen 3 yang menjadi murid-muridnya ada Elaine, Gracia, Grace, Anin Milen, Okta, Cesen, Desy, dan  Farin. Sebenarnya masih banyak tapi berhubung itu adalah pertama kalinya saya melihat penampilan Gen 3 di teater, hanya member-member tersebut yang saya ingat.

Di panggung, mereka semua diharuskan ber-improvisasi dengan materi-materi yang telah disiapkan sebelumnya. Setelah itu diselingi beberapa games yang cukup menghibur. Ada juga kuis yang membuat penonton dapat berinteraksi secara langsung dengan member. Diakhiri dengan performance 'Baby! baby! Baby!' oleh Gen 3 dan perayaan ulang tahun Vanka di teater.

Secara performa, hanya Kinal yang mampu membawa suasana lebih cair dan bersahabat. Entah apa jadinya pertunjukan itu jika tidak ada Kinal. Pasti akan super duper garing. :)

Setelah kurang lebih satu setengah jam menyaksikan perform mereka, akhirnya saya pulang dan mengobrol-ngobrol dengan teman saya sejenak tentang apa yang baru kami saksikan tadi. Kami sependapat kalau memang acara tersebut kurang memuaskan. Lantaran member Gen 3 yang masih baru dan masih pasif. Belum bisa menguasai panggung dan penonton. Perform mereka hanya 1 lagu. Ditambah lagi tidak adanya sesi Hi-Touch.

Kesan yang saya dapat ya, jujur, mereka (Gen 3) hanya sekedar 'mejeng' di atas panggung. Belum ada bakat verbal yang menonjol yang bisa membuat fans benar-benar terhibur. Yang saya lihat bahwa fans hanya menghargai apa yang mereka tampilkan, tapi tidak benar-benar terhibur. Bahasa umumnya mungkin: 'maksa'. hehe.

Kesan lain yang saya dapat adalah hanya kesan fisik mereka. Si A lucu, Si B cantik, si C biasa saja, Si D cantik banget. Ya, sekedar itu. Belum ada kesan lain. Walaupun memang ada beberapa member yang membawa sedikit perbedaan. Ya, dengan harga tiket 50 ribu mungkin memang tidak bisa berharap banyak dari acara ini.

Satu hal lagi, penonton diberikan semacam absensi seperti berikut:




Mungkin nanti akan ada benefit tertentu bagi penonton yang sering datang untuk mengikuti event JKT48 School. Tapi saya cukup sekali saja ah, hemat. Karena menurut saya masih banyak event yang lebih menarik untuk diikuti setelah Lebaran nanti.


Secara keseluruhan sebenarnya acara ini bagus untuk orang seperti saya yang belum mengenal member-member Generasi 3 agar bisa kenal lebih dekat lagi. Bagus pula untuk para member gen 3 untuk lebih mengasah kemampuan verbal mereka supaya lebih terampil dalam membawakan MC nantinya. Kedepan saya yakin pasti mereka akan lebih baik lagi, perjalanan mereka masih jauh kan? Sesuai namanya 'JKT48 School', masih banyak kesempatan untuk belajar, belajar dan terus belajar :)


Read Another


CATEGORIES


0 Comment :

davidpras1994@gmail.com

Name

E-mail *

Message *


G Plus
@davithace
PIN : 51E456D8
LINE : davithace

close