Jumat, 27 Juni 2014

Membedah Arah Koalisi Pajama Drive Revival Show ke-2


Selain pagelaran senbatsu sosenkyo, Revival Show adalah salah satu event yang cukup bergengsi bagi para member dan fans 48 family.

Ajang ini seringkali menjadi ajang 'balas dendam' bagi fans yang oshinya tidak masuk senbatsu. Namun semakin kesini, JKT48 makin sering menerapkan sistem vote untuk setiap event. Dengan demikian tidak sedikit fanbase yang melewatkan ajang revival ini untuk fokus dengan ajang yang lebih bergengsi seperti senbatsu sosenkyo.

Mengenai prediksi siapa-siapa saja yang bisa masuk Revival Show, tentunya akan menjadi menarik untuk dibahas. JKT48 tahun ini bukanlah JKT48 tahun lalu. Walaupun didominasi team J, tahun lalu Viny, Hanna, Naomi berhasil mendapatkan posisi di lagu Unit. Apalagi saat ini tentu pendukung team K3 tumbuh lebih banyak. Mungkin saja Revival kali ini giliran team K yang mendominasi tiap unit song.

Mari kita berandai-andai jika sistem vote nanti memakai peraturan tahun lalu yang membuat beberapa fanbase harus 'berkoalisi' demi memperbesar kesempatan supaya oshinya bisa tampil pada Revival Show.

Untuk sementara ini saya mendapat beberapa fanbase yang sudah mendeklarasikan arah koalisinya, yaitu;

Unit Temodemo no Namida
1. Naomi - Sinka
2. Ayana - Haruka

Persaingan jelas terlihat antara pihak yang ingin meloloskan duo Jepang team J, atau duo kakak beradik team K. Haruka dan Ayana, dua-duanya berhasil masuk senbatsu dengan jumlah vote hampir 20.000 vote jika digabungkan. Kekuatan yang cukup disegani. Walaupun kelihatannya sulit, namun voters Sinka tidak bisa dianggap remeh karena Sinka bulan lalu berhasil terpilih menjadi Atlet Karate versi HAI Magazine. Naomi, pada Revival tahun lalu juga pernah tembus ke unit Kagami dengan perolehan 3.694 suara.

Unit Junjou Shugi
1. Hanna - Ikha - Natalia
2. Frieska - Melody - ?
3. Hanna - Melody - Andela

Sepasang kakak beradik ini memang sudah sepakat untuk menggerakan fans supaya mereka bisa tampil dalam satu unit. Selain Naomi dan Shinka, nampaknya kedua kakak beradik ini juga berambisi untuk dapat tampil bersama. Melody, walaupun ia menjadi center hampir semua single, tahun lalu ia tidak mendapatkan vote yang berarti saat revival. Bisa jadi revival kali ini menjadi semacam 'pelampiasan' para fans dari kegagalan tahun lalu.

Unit Pajama Drive
Yona - Lidya - Dhike

Walaupun agak menghawatirkan, namun masing-masing fanbase dari kubu ini  seringkali membuat kejutan. Saya melihat fans Yona bisa dibilang lebih kuat dari pengalaman vote yang sudah terjadi. Bagaimana Yona berhasil meraih vote tertinggi untuk edisi 'pustakawati' HAI Magazine dan posisi 10 senbatsu Gingham Check. Berhubung belum ada fanbase lain yang mendeklarasikan diri untuk bersaing di unit ini, maka koalisi ini sangat potensial.

Unit Tenshi no Shippo
Shania - Veranda - Vienny

Prediksi bahwa unit ini paling banyak diminati oleh para member dan fanbase nyatanya belum terbukti sampai saat ini. Sampai artikel ini ditulis, koalisi yang sudah pasti baru mereka saja. Berhubung semuanya adalah member senbatsu, jelas dari segi jumlah dukungan seharusnya tidak masalah.

Selanjutya adalah beberapa kode dari member dan sudah ditanggapi ;
Nabilah : Kagami no Naka no Jeanne D'Arc
Beby : Temodemo no Namida
Kinal : Tenshi no Shippo

Fanbase mereka masih belum menentukan siapa saja yang akan dijadikan rekan koalisi. Namun yang jelas disini Nabilah sangat besar kemungkinan masuk ke unit yang ia inginkan  secara mudah. Kita tahu bahwa unit Kagami adalah unit dengan jumlah member terbanyak. Hanya butuh posisi di 5 besar vote saja. Sedangkan Nabilah dijuluki sebagai 'oshi sejuta umat' yang tentunya tak kesulitan dalam mencari dukungan.

Kubu Kinal saya kira akan mengalami sedikit kesulitan karena Kinal minta dijadikan satu unit dengan Veranda. Sedangkan Veranda sudah membangun koalisi terlebih dahulu dengan kubu Shania dan Vienny. Perlu diperhatikan bahwa Veranda adalah salah satu trisula Ace JKT48 yang pastinya akan memberikan pengaruh besar bagi siapapun yang berkoalisi dengannya.

Lalu, bagaimana dengan member Gen 3? 
Nampaknya kecil kemungkinan masuknya member Generasi 3 kedalam Revival Show. Karena mereka masih membawakan setlist Pajama Drive. Jadi, antusias fans Gen 3 terhadap ajang ini juga sangat kecil. Fanbase mereka yang masih baru berdiri pun menjadi kelemahan tersendiri dibandingkan dengan fanbase yang lebih dahulu ada. Namun tidak menutup kemungkinan akan ada kejutan. Semua kemungkinan bisa saja terjadi.

Baiklah, sekian dulu. Untuk sisanya saya belum mendapatkan informasi lebih lanjut. Lagipula kan belum tentu metode koalisi ini cocok dipakai nantinya, mengingat belum ada pengunguman resmi mengenai sistem vote tahun ini. Paling tidak kita sudah mendapat sedikit gambaran mengenai member-member yang mungkin akan terpilih nanti.

Mari bersaing secara sehat!


Read Another


CATEGORIES


Tags

1 komentar :

  1. Fordeus Prema Utama27 Juni, 2014 00:58

    nice info vid, bisa jadi pegangan bagi newbie

    BalasHapus

davidpras1994@gmail.com

Name

E-mail *

Message *


G Plus
@davithace
PIN : 51E456D8
LINE : davithace

close