Senin, 05 Mei 2014

8 Karya Fans JKT48 yang Patut Diapresiasi

Mendukung ataupun menujukkan kesukaan kita terhadap idola memang dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satunya dengan berkreasi melalui cipta, rasa dan karsa.

Dari sekian banyak bentuk kreatifitas fans JKT48, ada beberapa yang membuat saya terpukau. Mulai dari bentuknya, skill serta kesolidan mereka dalam membentuk suatu komunitas. Fans berikut ini saya katakan memiliki dedikasi yang cukup tinggi untuk mendukung idol grup JKT48. Bisa dibilang mereka 'niat banget'.
Siapa sajakah mereka ? Mari kita bahas satu persatu.

1) Rookie Boom

Rookie boom adalah grup musik cover yang berasal dari Yogyakarta. Grup ini beranggotakan 3 orang personil yaitu Dika Ananto(vocal/gitar), Ades Saputra(vocal/gitar) dan Faris Aditya (vocal) . Cover yang pernah dibuat antara lain Kimi no Koto ga Suki dakara, Heavy rotation, Futari nori no Jitensha, Hissatsu Teleport dan yang terbaru adalah kolaborasi dengan Choho Miruku meng-Cover Nagai Hikari.

Walaupun sederhana hanya dengan cover akustiknya, Rookie Boom berhasil menarik puluhan ribu fans untuk menyaksikan video mereka di youtube. Bahkan cukup banyak yang berpendapat bahwa hasil cover mereka bahkan lebih bagus dari lagu aslinya.

Salah satu karya Rookie Boom ft Choco Miruku



2) Dr.OH OH OH

Bisa dibilang mereka adalah sekumpulan orang "gila" namun kreatif. Mereka membuat sebuah project lagu dan klip yang berhasil membuat saya tersenyum lebar. Lagu berjudul 'Cinta JKT48' yang mereka buat sangat unik, kocak dan easy listening.

Lagu yang mereka bawakan ini pun adalah ungkapan mereka tentang pengalaman menjadi fans JKT48. Realita fans mereka suguhkan dalam lirik yang cukup mengocok perut.




3) ReuploadJKT48

@ReuploadJKT48 adalah sebuah akun twitter-bot dengan fitur autotweet. Setiap aktifitas member di twitter akan selalu diamati oleh akun ini. Sistem akan men-tweet ulang secara otomatis setiap twitpic, favorite, delete dan mention yang dilakukan para member.

Selain berguna untuk backup, Reupload juga membuat para member lebih berhati-hati dalam 'berkicau' di media sosial.
Reupload JKT48

4) KlasemenJKT48

klasemenjkt48.com adalah sebuah sistem informasi berbentuk website yang dibentuk oleh salah seorang fans JKT48 yang juga merupakan alumni ITB. Dalam kreditnya: Website created by @maruufi and designed by @rifkyhamdani. 

Dalam website tersebut terlihat bahwa informasi yang disajikan sangat detail. Sistem ini dapat meng-generate beberapa informasi yang diperoleh dari social media (g+ dan twitter) menjadi grafik dan statistik secara otomatis. Informasi berupa grafik pertumbuhan jumlah follower, diagram korelasi mention antar member, penilaian kualitas perform di teater, VVota of the week (fans yang paling sering memention oshinya) semua tergambar jelas.

Klasemen48 bukanlah situs resmi milik JKT48. Sistem ini resmi dibuat oleh fans untuk fans. Maka tidak heran jika si pembuat meminta donasi kepada sesama fans untuk biaya perawatan server.

Penyajian secara statistik di KlasemenJKT48.com

5) JCT (JKT48 Cyber Team)

JCT adalah sebuah komunitas cyber yang dibentuk dan beranggotakan fans JKT48 seluruh Indonesia. Fans JKT48 yang memiliki kemampuan di bidang IT atau ingin belajar dan bertukar info kepada sesama fans bisa bergabung di komunitas ini. Mereka juga memiliki forum privat di dunia maya (jkt48-cyber.org).

Negatifnya, JCT seringkali menjadi dalang setiap Trending Topic di twitter. Walaupun JCT seringkali suka berbuat 'nakal' di sosial media dengan twithack yang mereka lakukan. Namun saya yakin kedepannya JCT akan menjadi lebih dewasa dalam menggunakan kemampuannya untuk hal-hal yang lebih positif.


6) IDOLGRAPHY

Idolgraphy adalah sebuah media swadaya dari fans, oleh fans dan untuk untuk fans. Terkenal dengan skill jepretan kamera mereka yang cukup mumpuni, idolgraphy membagikannya kepada para fans secara cuma-cuma. Dimana hal ini sangat dibutuhkan oleh fans yang tidak mendapat kesempatan untuk menyaksikan event JKT48 secara langsung.

Setiap event JKT48, idolgraphy menjadi garis depan fans untuk dokumentasi. Mereka juga menulis opini mereka di setiap event melalui media online mereka (idolgraphy.com).

7) Game 'Date Your Oshimen'

Game PC buatan fans bergenre novel ini sempat booming di awal kemunculannya. Di dalam game, pemain diminta untuk menentukan jalan ceritanya sendiri. Nantinya ending akan beraneka macam, mulai dari kenalan sampai bisa menjadi pacar.

Yaa, walaupun hanya sekedar game delusi belaka, namun kreatifitas si pembuat juga tidak bisa dipandang sebelah mata.

8) Ngaidol Jekeiti

Ngaidol Jekeiti adalah kumpulan series dokumenter secara swadaya dan non profit yang digarap oleh anak-anak @officialUMN48. Skill editing dan penyajian video mereka bahkan bisa dibilang layak ada di televisi.
Sampai saat artikel ini ditulis, mereka telah mengeluarkan 56 Episode Ngaidol Jekeiti. Video mereka bisa dilihat di http://www.youtube.com/user/TheRoadkillpictures



Ya, mereka juga salah satu faktor yang membuat saya menyukai idolgrup ini. Kehadiran mereka membuat JKT48 menjadi lebih berwarna. Belum pernah saya lihat grup lain di Indonesia yang memiliki fans dengan kreatifitas beraneka ragam seperti itu.

Nah, biasanya kan fans grup/band lain hanya menonton konsernya, mengcover lagu, berfoto, meminta tandatangan dan hal-hal umum lainnya. Tapi di JKT48, fans bisa menyumbangkan apa saja yang ia bisa untuk diberikan kepada member atau kepada sesama fans. Lagu, Lukisan, Video, Desain Grafis, Website, Sistem Informasi, Game, Meme Comic, Online Radio, Project Ulang tahun member dan lain sebagainya. Dan pastinya semua itu akan bermanfaat bagi yang membutuhkannya.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

(David Prasetyo)


Read Another


CATEGORIES


Tags

4 komentar :

  1. ada yang kurang,asian figure harusnya di masukin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh, kalo semuanya masuk nggak muat nih. hehe Kapan2 saya bikin part 2 nya deh :)

      Hapus
  2. gan, game Memoo ga dimasukin ? haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh, jangan lah nanti dikira narsis, haha :v

      Hapus

davidpras1994@gmail.com

Name

E-mail *

Message *


G Plus
@davithace
PIN : 51E456D8
LINE : davithace

close