Jumat, 02 Mei 2014

13 Software yang Wajib ada di PC/Laptop Anda

Kali ini saya ingin berbagi informasi umum bagi para pengguna komputer. Seringkali pengguna komputer hanya terima jadi dari toko atau dari tempat install ulang langganan. Jika demikian, mungkin akan ada beberapa software penting yang luput dari perhatian anda.

Berikut adalah 13 Software yang Wajib dan Disarankan ada di PC/Laptop anda.

1) Driver
Driver adalah software yang menjadi perantara antara aplikasi dan hardware. Jelas driver harus terinstall pertama kali sebelum anda menginstall aplikasi lain. Jika tidak, akan muncul masalah-masalah seperti : sound tidak keluar, flashdisk tidak bisa terbaca, resolusi layar tidak maksimal, fitur wi-fi tidak berfungsi laptop tidak bisa dihubungkan ke proyektor dan sebagainya.
Driver bisa didapatkan secara online maupun offline.Secara online bisa menggunakan Driver Finder . Secara offline bisa menggunakan Driver Pack Solution.

2) Antivirus
Siapa yang tidak tau software ampuh pencegah virus ini. Walaupun demikian, tidak sedikit orang yang mengabaikan pentingnya sebuah antivirus. Atau bertanya-tanya tentang apakah antivirus yang saya pakai sudah benar-benar membuat PC saya aman?
Antivirus yang baik adalah antivirus dari vendor yang sudah terkenal dan selalu diupdate. Sebut saja Avast, Avira , AVG, Norton, Kaspersky, Eset hingga BitDefender.

3) Browser
Memang Sistem Operasi terkenal seperti Windows sudah menyediakan Browser bawaan yaitu Internet Explorer. Namun dari segi performa, IE masih kalah dibanding browser lain seperti Firefox, Opera ataupun Chrome.

4) Office
Umumnya orang bilang, "ah yang penting komputer bisa buat ngetik." Nah berarti software office memang penting. Perlu diketahui bahwa software office bukan hanya Microsoft Office. Ada yang gratis alias open source seperti Open Office.

5) Kompresi File
Software seperti winzip, winrar ataupun 7-zip memang wajib dimiliki. Selain digunakan untuk mem-package beberapa file menjadi satu, dapat juga digunakan untuk memperkecil ukuran file. File hasil kompresi juga akan lebih aman terhadap virus.


6) Media Player Codec
Pernahkah anda tidak bisa memutar format file video tertentu? Seperti MP4, MKV, RMVB dan format lain yang tidak umum? Jika pernah, itu artinya codec anda kurang lengkap. Silahkan download K-Lite Media Codec Pack yang terbaru atau codec dari Shark007.

7) Utilities
Utilities diperlukan sebagai perawatan PC maupun pertolongan pertama pada PC. Clean Junk Files, Clean Registy, Defragment maupun Backup and Recovery. Anda bisa memilih software-software utilities terkenal seperti Ccleaner, Tune-Up Utilities, Advanced System Optimizer dan Auslogic Disk Defrag.

8) Download Manager
Software yang terkenal adalah Internet Download Manager. Namun ada alternatif seperti EagleGet, Mipony maupun JDownloader. Software-software tersebut digunakan untuk mengatur download terutama jika ukuran file yang didownload cukup besar.
9) PDF Reader / PDF Creator
Tentu software ini dibutuhkan untuk membaca dan mengedit file berformat PDF (E-book). PDF creator juga wajib dimiliki jika suatu saat anda ingin "mencetak" dokumen anda dalam bentuk PDF. Software paling lengkap adalah Nitro PDF dan Foxit Reader

10) Image/Video Editor
Minimal anda memiliki aplikasi seperti Paint di PC anda untuk Image editor. Dan Movie Maker untuk Video Editor. Fitur yang lebih lengkap ada di GIMP atau Photosop. Sedangkan untuk video editor disarankan untuk menggunakan Corel Video Studio atau Adobe Premiere (berbayar). Untuk yang gratis bisa memakai Open Movie Editor.

11) Custom Explorer
Saya mengatakan bahwa software ini wajib. Contoh softwarenya adalah Clover, FreeCommander, dan lain lain. Misalnya saja dengan Clover, anda bisa menjelajah file dan direktori di PC anda secara lebih cepat. Fitur Tab membuat anda dengan cepat membuka direktori baru tanpa berpindah direktori ataupun membuka jendela baru. Intinya, fitur yang lebih lengkap dari explorer biasa. Custem explorer ini nantinya juga berguna jika explorer bawaan anda bermasalah.

12) Converter
Software converter yang lengkap dan cukup bagus adalah Format Factory. Converter ini bisa digunakan untuk segala macam keperluan multimedia anda. mengubah video menjadi audio, menggabungkan, dan memformat ulang agar sesuai dengan smartphone (misalnya).

13) Power Manager (Battery Saver)
Pengguna notebook (Laptop) wajib memilikinya. Dengan software ini, anda dapat menentukan seberapa besar penggunaan baterai anda. Jika ingin performa maksimal, tentu baterai akan terkuras cepat. Pengaturan minimal akan membuat laptop anda sedikit 'lemot' namun sangat menghemat penggunaan baterai. Contoh softwarenya adalah Power4Gear Hybrid




Read Another


CATEGORIES


6 komentar :

  1. Waduh gan ane baru punya 8 dari 13 software itu hehe

    BalasHapus
  2. nama software buat kecilin ukuran file apa gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. File kompresor, bisa 7zip atau winrar

      Hapus
  3. izin share mas ?

    BalasHapus
  4. gak boleh copas ye.
    share aja di socmed

    BalasHapus

davidpras1994@gmail.com

Name

E-mail *

Message *


G Plus
@davithace
PIN : 51E456D8
LINE : davithace

close