Kamis, 27 Maret 2014

Evolusi Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Oleh :
David Prasetyo

BAB I
PENDAHULUAN

I. EVOLUSI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI

Penyebab utama terjadinya era globalisasi adalah karena perkembangan pesat teknologi informasi. Era teknologi informasi saat ini telah mencapai era digital. Era dimana manusia mulai menganggap bahwa kebutuhan akan teknologi dan informasi sangat penting bahkan menjadi sebuah kebutuhan utama.
Teknologi peta digital (GPS), smartphone, touchscreen, kamera mikro, alat sadap yang dulu hanya dapat dilihat di film science-fiction pun sekarang sudah menjadi barang lumrah. Semua orang mulai berlomba-lomba untuk menguasai teknologi terkini supaya tidak dibilang kolot atau ketinggalan jaman.
Secara garis besar , ada empat periode atau era perkembangan sistem informasi , yang dimulai dari pertama kali diketemukannya komputer hingga sat ini.

Era Teknologi Informasi




BAB II
PEMBAHASAN

I. ERA KOMPUTERISASI

Semenjak Abacus ditemukan pada 5000 tahun yang lalu, manusia mulai berpikir untuk menciptakan alat hitung lain yang lebih cepat. Komputasi mulai diterapkan pada alat-alat elektronik yang menjadi cikal bakal era komputerisasi. Periode ini dimulai sekitar tahun 1960-an ketika mini computer dan mainframe diperkenalkan perusahaan seperti IBM ke dunia industri.

Pada saat itu, hanya perusahaan besar dan kaya yang dapat memanfaatkan teknologi mainframe. Mainframe biasa digunakan perusaan untuk mengkalkulasi kebutuhan operasional perusahaan terutama yang berhubungan dengan akuntansi / keuangan.

Abacus hingga Gadget

II. ERA GLOBALISASI INFORMASI

Era ini dimulai pada 1980-an. Komputer mengalami perkembangan yang cukup signifikan dari segi hardware maupun software.
Selain itu, kemunculan internet membuat seluruh komputer menjadi saling terhubung dan menjadikan informasi menjadi hal yang sangat mudah untuk dibagikan bahkan dari tempat yang jauh sekalipun.
Pada Era ini, komputer semakin kecil dan mudah untuk dibawa-bawa. Dapat dikatakan bahwa komputer pada masa ini sudah termasuk barang yang diproduksi secara global dengan harga terjangkau. Oleh sebab itu, hampir semua orang dapat memiliki komputer pribadi (Personal Computer / PC)
Era ini juga ditandai dengan berkembangnya trend 'e-' (electronic) sebagai gaya hidup. Seperti e-commerce, e-learning, e-bussiness, e-money, e-banking.

III. PERUBAHAN POLA PIKIR SEBAGAI SYARAT

Saat teknologi informasi merupakan hal lumrah, masyarakat modern dituntut untuk mengubah mindset. Selain pemakaian secara bijak, teknologi informasi juga harus dimanfaatkan secara optimal.
Perkembangan yang sangat pesat itu pulalah yang saat ini memicu kemunculan maraknya media sosial. Dampak media sosial ini mulai terlihat mengubah mindset dan perilaku manusia modern. Ada yang memaksimalkan peran media sosial sebagai media advertising dan penjualan, ada pula yang menyalahgunakan media sosial.

Perubahan pola pikir masyarakat ini terutama harus diperhatikan oleh para orang tua. Seringkali orang tua merasakan perubahan drastis dari masanya dulu dan tidak mau berubah. Hal ini menyebabkan orang tua agak sulit bahkan tidak mau mengikuti perkembangan teknologi informasi. Akibatnya, anak seringkali mendapatkan kontrol penuh terhadap internet lalu dengan mudah mengkonsumsi hal-hal negatif.
Pola pikir suatu negara terhadap teknologi juga akan menentukan apakah akan menjadi negara produsen atau konsumen saja. Indonesia sejauh ini masih berorientasi sebagai konsumen. Sayangnya, hal ini tidak diimbangi dengan perilaku konsumen yang baik. Contohnya, masyarakat Indonesia terbiasa menggunakan produk software bajakan yang illegal atau tidak mau membayar lisensi.


BAB III
KESIMPULAN

Evolusi TIK memiliki 3 era utama yaitu era komputerisasi, era globalisasi teknologi informasi dan era perubahan mindset. Setiap era memiliki peran tersendiri dalam perkembangan TIK.
Hingga saat ini, perkembangan teknologi informasi telah memasuki hampir seluruh aspek kehidupan manusia modern. Teknologi informasi sangat berperan di bidang industri, kesehatan, pelayanan publik, pemerintahan, sains, hiburan dan sebagainya.



Read Another


CATEGORIES


1 komentar :

  1. Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda mengenai " EVOLUSI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI " . Saya juga mempunyai E-book mengenai Komunikasi di E-book Komunikasi

    BalasHapus

davidpras1994@gmail.com

Name

E-mail *

Message *


G Plus
@davithace
PIN : 51E456D8
LINE : davithace

close