Kamis, 23 Januari 2014

Eksklusifitas Teater JKT48



EXCLUSIVITY…

“JKT48 Theater, Indonesia's Most shophisticated show, Presented By JKT 48 & 48 Girls”, Begitulah tulisan yang terpampang di depan Teater JKT48. Terletak di salah satu mall di Jakarta, Teater JKT48 perdana dan satu-satunya di Indonesia ini mengadaptasi konsep Teater AKB48 di Akihabara, Jepang.

Konsep awal yang diusung Yasushi Akimoto bahwa JKT48 adalah idol grup yang tumbuh dan berkembang bersama fans nampaknya makin terwujud nyata setelah 1 tahun Teater berdiri.

Teater adalah tempat yang bukan hanya tempat bagi tumbuh dan berkembangnya si idol namun juga bagi para fans. Terlihat dari kreatifitas para fans pada event-event tertentu. Mereka mengaktualisasikan diri dalam mendukung si idol dalam berbagai cara dengan Teater sebagai wadahnya.

Eksklusifitas Teater juga terlihat dari ukuran teater yang tidak terlalu besar. Kapasitas yang hanya 200-300 orang membuat jarak antara panggung dan kursi penonton sangatlah dekat dan seakan tidak ada jarak sama sekali. Selain supaya fans dan idol dapat saling “berinteraksi”, hal tersebut bertujuan agar fans dan idol dapat lebih intens dalam menerima dan memberi dukungan satu sama lain.

Teater JKT48
Eksklusifnya teater membuat tidak semua kalangan dapat merasakan secara langsung bagaimana euforia teater. Terutama kalangan fans luar kota.
Tiket yang cukup mahal, sistem undian untuk menebus tiket, Waiting List bagi yang ingin berburu tiket sisa. Itu semua adalah hal-hal yang harus dilalui fans sebagai sebuah pengalaman untuk menyaksikan teater
.
Namun beruntungnya, baru-baru ini JKT48 merilis DVD ketiga setlist teater yang mereka miliki yaitu Pajama Drive, Renai Kinshi Jourei dan Boku no Taiyou. Sehingga membuat semua orang dapat melihat Pertunjukan Teater JKT48 walaupun tidak secara langsung.

FEEL BORED ? LET’S SEE !

Kalangan non-fans pada umumnya melihat JKT48 adalah girlband “keroyokan” yang sering tampil di televisi dengan lagu, seragam dan baju yang selalu sama. Bosan!

Namun Teater mampu mematahkan seluruh pandangan itu. Teater memperlihatkan bahwa JKT48 adalah hasil dari konsep variatif yang dapat dikatakan asing bagi kalangan non-fans.

Lihat saja seragam (Seifuku) yang ekslusif hanya dapat diperlihatkan di teater, atau unit song yang dibawakan minimal oleh 2 member. Selain itu, kurang lebih 17 lagu dalam 1 kali show (setlist) yang dibawakan oleh kombinasi member yang berbeda beda.

Seifuku Kuroi Tenshi
 Konsep variatif ini tentu membutuhkan waktu dan perhatian khusus dari kalangan fans/non-fans untuk memahami apakah JKT48 sesungguhnya. Belum lagi saat ini JKT48 memiliki 1 Album, 4 Single Album dan 4 Setlist Teater yang jika ditotal ada sekitar 85 buah lagu.

Tertarik untuk menonton Teater ?


Penulis : David Prasetyo
Twitter : @davithace


Read Another


CATEGORIES


Tags

0 Comment :

davidpras1994@gmail.com

Name

E-mail *

Message *


G Plus
@davithace
PIN : 51E456D8
LINE : davithace

close