Senin, 04 November 2013

Stella Cornelia Resmi Keluar dari JKT48

Stella Cornelia










Minggu (3/11) saya diberi kesempatan untuk kembali menonton teater JKT48. Kali ini saya tidak sendirian. Saya ditemani oleh seorang teman saya yang mengaku penasaran ingin melihat teater JKT48. Singkat cerita, karena rasa sok tahu saya yang tinggi, saya mengira jika mulainya teater akan 'ngaret' namun ternyata tidak. Alhasil saya dan teman saya terlambat masuk teater.

Padahal hari itu, banyak peristiwa penting yang terjadi. Ulang tahun Gen 2, Mulainya pendaftaran calon Gen 3, Ulang tahun dan pengunduran diri Stella Cornelia. Sebagai topik utama, saya akan bercerita bagaimana suasana teater disaat perayaan ulang tahun dan pengunduran diri Stella Cornelia.

Saat itu teater dengan setlist Renai Kinshi Jourey berjalan seperti biasa. Dari awal hingga akhir lagu terlihat normal seperti yang pernah saya lihat sebelumnya. Encore yang ditujukan kepada Stella dari para fansnya pun sudah saya duga sebelumnya.

Namun, suasana berbeda terlihat saat lagu terakhir dinyanyikan. Beberapa member terlihat tidak sedang dalam suasana hati yang berbahagia. Saya melihat Haruka jelas sekali tidak memasang wajah ceria seperti biasanya. Ada apa ini? Saya berfikir apakah mereka kelelahan setelah konser di Bandung sebelumnya? Atau mereka terharu dengan banyaknya fans yang mendukung Stella saat itu? Saya hanya dapat melanjutkan menyaksikan pertunjukan teater sampai selesai sambil membayangkan kebahagiaan para member nanti dalam merayakan ulang tahun Stella.

Di akhir segmen teater, para member memberi tahu bahwa hari itu adalah ulang tahun Stella. Para fans Stella pun telah menyiapkan barang-barang yang menunjukkan dukungan terhadap Stella. Lagu Namida Surprise yang menjadi anthem saat ada member yang berulang tahun pun dikumandangkan. Saya kembali merasakan hal yang aneh. Di satu sisi ada para member terlihat senang, namun ada juga member yang terlihat seperti menyembunyikan sesuatu termasuk Stella sendiri.

Seperti tradisi-tradisi sebelumnya bahwa member yang berulang tahun akan diberi surat dari salah satu perwakilan member lain. Saat itu, Haruka mendapat bagian untuk membacakan suratnya. Haruka yang kurang bisa melafalkan bahasa Indonesianya dengan benar masih terlihat lucu walaupun beberapa kali tersendat seperti mau menangis. Dia berkata bahwa "Ci Stella" panggilan akrab utuk Stella, adalah orang yang paling dekat dengannya, menjadi teman curhatnya walaupun tidak terlalu lancar berbahasa Indonesia, sekaligus guru bahasa Indonesia bagi Haruka.

Tiba saatnya Stella untuk berbicara. Dia berterima kasih selama 2 tahun atas dukungan dari para Member, Fans dan Official. Dia berkata bahwa dirinya yang dulunya nol bisa berkembang sampai saat ini adalah andil dari mereka. Saya mulai kembali merasa bahwa ini adalah perayaan ulang tahun yang aneh, karena kata-kata Stella terdengar seperti kata-kata perpisahan. Stella seperti tidak mampu berkata-kata lagi karena terisak tangis. Para fans pun menyemangatinya agar dapat Stella dapat menyelesaikan sambutannya. Di situ Haruka terlihat membelakangi panggung seakan sudah tahu apa yang akan terjadi selanjutnya.

"Saya Stella Cornelia, Member team J - JKT48 memutuskan untuk lulus dari JKT48", ungkap Stella. Seketika itu pula seluruh isi teater terhenyak seakan tidak percaya, terutama bagi fans Stella. Bayangkan saja, kesenangan yang baru saja dirayakan tiba-tiba harus sirna seketika karena pernyataan tersebut. Para member lain pun saling berpelukan dan menangis layaknya ada yang tereliminasi dari ajang pencarian bakat. Para fans yang 'oshi'nya adalah Stella terlihat begitu kecewa. Saya berfikiran bahwa keputusan Stella didasari oleh kenyamanannya berakting pada serial BIMA. Namun daripada hanya menebak-nebak, kita tunggu saja kabar selanjutnya.

Tiba saat Hi-Touch. Saya melihat para member masih sedih atas keputusan Stella. Di kesempatan Hi-Touch itu pun saya sedikit menyemangati mereka walaupun hanya 1-2 detik. Terutama untuk oshi saya yang paling saya segani, sang kapten Kinal. Entah itu berpengaruh atau tidak bagi mereka, yang jelas hanya itu yang bisa saya berikan kepada mereka.

Yah... Walaupun saya senang bisa kembali menonton teater yang kali ini dengan seorang teman, namun ternyata memiliki akhir yang kurang bahagia.

Pada akhirnya, jika JKT48 bertahan lama, semua member akan Graduation / keluar dari JKT48. Member yang Grad akan digantikan oleh member lain yang masih berjuang di JKT48. Member yang Grad diperbolehkan menentukan nasib mereka sendiri di dunia entertaiment tanpa terikat lagi dengan manajemen JKT48. Para fans dari member yang Grad pun disarankan untuk terus mendukung keputusan dan karir member.

Pengunguman resmi dari Official Site JKT48













Inilah yang kembali saya kagumi dari konsep JKT48. Menjadi member JKT48 bukanlah puncak karir, melainkan tempat belajar sekaligus sebagai jebatan penghubung antara perjuangan dan impian para member. Maka, tidak ada member yang langsung terbentuk sebagai seorang entertainer handal. Yang saya pelajari dari JKT48 adalah tidak ada sukses yang instan. Semua butuh proses dan JKT48 adalah proses. Dan orang Indonesia haruslah dibiasakan untuk menghargai proses.

"Stella, You'll Never Walk Alone", tulisan seorang fans di twitter.



Tag:
Stella lulus
Stella JKT48 graduation
Stella JKT48 keluar
Alasan stella keluar dari JKT48


Read Another


CATEGORIES


2 komentar :

  1. wuih, sayang banged ni doi keluar gan tpi mudah2an doi tetap eksis dech.

    BalasHapus
  2. sergius leski : Bener banget bro, amin!

    BalasHapus

davidpras1994@gmail.com

Name

E-mail *

Message *


G Plus
@davithace
PIN : 51E456D8
LINE : davithace

close