Selasa, 29 Oktober 2013

Spesifikasi Processor Core i5 - 2500K

INTEL CORE i5 - 2500K

Teknologi core i5 menggunakan kode nama Lynfield sama seperti Intel Core i7 yang sudah beredar di pasaran. Namun ada beberapa teknologi, seperti teknologi Tri memory channel dihilangkan, QuickPath interconnect diperkecil untuk memberikan ruang pada Direct Media Interface. Pastinya Intel Core i5 sudah menggunakan fabrikasi 45 nm, sama seperti Intel Core i7.

Processor ini memiliki beberapa speed, diantaranya 2.66 GHz, 2.80 GHz, dan 2.93 GHz dengan L3 Cache sebesar 8 MB, fitur Hyper Threading, dan fitur TurboBoost Technology. TDP yang diperlukan oleh processor ini adalah 95 W. Khusus untuk Intel Core i5 menggunakan socket yang berbeda dari Intel Core i7, yaitu LGA1156. Tentu saja ini yang bisa menjadi”bumerang” untuk pihak Intel, dimana socket LGA 1366 baru saja diluncurkan, ia sudah mengunakan socket yang paling baru lagi. Paling tidak akan membuat konsumen untuk berpikir dua kali melakukan upgrade menggunakan RIG Intel.

Harga perkiraan dari processor ini masih mirip dengan Core i7. Speed 2.66 GHz dihargai US$196, 2.80 GHz dihargai US$284, dan 2.93 GHz dihargai US$562. Semua harga ini hanya kiasaran dan perkiraan saja yang saya dapatkan iformasinya dari berbagai sumber, jadi bisa berubah kapan saja. Coba anda bandingkan dengan Intel Core i7 920 2.66 GHz yang dihargai US$284, masihcukup kompetitif untuk Intel Core i5.
Intel Core i5 juga memiliki kode nama lain, yaitu Clarkdale. Processor ini hanya memiliki 2 buah core di dalamnya. Speed yang dimiliki diantaranya 3.2 GHz sampai dengan 3.46 GHz, dengan dukungan terhadap Hyperthreading dan TurboBoost. Clarkdale memiliki L3 cache sebesar 4 MB, dan TDP yang diperlukan adalah 73 W. Harga kisaran untuk processor yang termurah adalah US$176.

Kelebihan Core i5 ini adalah ditanamkannya fungsi chipset Northbridge pada inti processor (dikenal dengan nama MCH pada Motherboard). Maka motherboard Core i5 yang akan menggunakan chipset Intel P55 (dikelas mainstream) ini akan terlihat lowong tanpa kehadiran chipset northbridge. Jika Core i7 menggunakan Triple Channel DDR 3, maka di Core i5 hanya menggunakan Dual Channel DDR 3. Penggunaan dayanya juga diturunkan menjadi 95 Watt. Chipset P55 ini mendukung Triple Graphic Cards (3x) dengan 1×16 PCI-E slot dan 2×8 PCI-E slot. Pada Core i5 cache tetap sama, yaitu 8 MB L3 cache.

Intel juga meluncurkan Clarksfield, yaitu Core i5 versi mobile yang ditujukan untuk notebook. Socket yang akan digunakan adalah mPGA-989 dan membutuhkan daya yang terbilang cukup kecil yaitu sebesar 45-55 Watt.
Kelebihan generasi intel core i dibanding processor AMD:
• Temperatur pada Intel dapat diatur oleh processornya sendiri (processor akan mengurangi kecepatan jika processor terlalu panas.
• Pipeline pada intel lebih panjang dibanding prosesor lain seperti AMD
• Intel menang di brand image dan marketnya.
• Pada prosesor Intel Pentium 4 harga standard, kinerjanya lumanyan cepat.
• Beberapa uji joba permorma ternyata prosesor intel lah yang kuat dalam hal apapun disbanding prosesor lain (AMD).
• Prosesor Intel lebih kuat dari porsesor AMD pada aplikasi multimedia,

Prosesor yang memiliki akhiran „K‟ seperti i5-2500K dan i7-2600K adalah prosesor yang disebut sebagai prosesor K-Series, sedangkan prosesor tanpa akhiran „K‟ seperti i5-2300 dan i5-2500 disebut prosesor non-K-Series. i5-2500K memiliki ratio (multiplier) sampai dengan 57x atau lebih
Kemampuan Overclock


Intel Core i5-2500K memiliki arsitektur yang diberi nama Sandy Bridge. Sama seperti prosesor Clarkdale, Sandy Bridge memiliki chip prosesor dan chip graphics card di dalamnya. Selain menggunakan arsitektur baru, Sandy Bridge juga dilengkapi beberapa teknologi dan feature baru di dalamnya. Ingin tahu lebih jauh tentang arsitektur, teknologi, dan feature Sandy Bridge? Arsitektur Sandy Bridge Sama seperti Clarkdale, tertanam chip prosesor dan graphics card di dalam kepingan Sandy Bridge ini. Berbeda dengan Clarkdale, dimana kedua chip tersebut letaknya terpisah, letak kedua chip tersebut menyatu dalam satu die. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah skema prosesor Intel Sandy Bridge:













SPESIFIKASI LENGKAP (klik 2x untuk memperbesar)
























Tags:
Spesifikasi Processor Core i5 bahasa indonesia adalah
Spesifikasi Processor Core i7
Spesifikasi Processor Core i3
Perbedaan prosesor
Spesifikasi Prosesor Core i5
spesifikasi lengkap
kelebihan dan kekurangan processor Core i5




Read Another


CATEGORIES


Tags

0 Comment :

davidpras1994@gmail.com

Name

E-mail *

Message *


G Plus
@davithace
PIN : 51E456D8
LINE : davithace

close