Kamis, 31 Oktober 2013

Pilih JKT48 atau AKB48 ?

Jika dihadapkan pada pertanyaan tersebut, mana yang kalian pilih ? Mana yang kalian lebih suka? Memang Idol Group yang berada dibawah naungan 48 Family tidak hanya mereka berdua. Masih ada NMB48, SDN48, TPE48 dan lain lain.




Tapi saya yakin bagi para fans 48 Family d Indonesia pada umumnya memberi perhatian khusus kepada 2 idol group ini. Keyakinan saya beralasan karena AKB48 adalah Idol Group pertama di Jepang yang pertama kali sukses. Sedangkan JKT48 adalah sister group pertama di luar Jepang sekaligus Idol Group pertama di Indonesia yang juga turut menuai sukses.

Lalu, "Pilih JKT48 atau AKB48 ?"



Pertanyaan diatas mungkin merupakan ungkapan akan banyaknya orang yang membanding-bandingkan JKT48 dengan AKB48 di dalam berbagai forum diskusi online. Sekilas saya melihat, banyak yang berpendapat bahwa AKB48 jelas lebih baik. Entah forum diskusi online tersebut diposting tanggal berapa, namun saya menyimpulkan bahwa sebagian pendukung AKB48 mengganggap JKT48 masih sebagai pendatang baru. Bahkan, JKT48 juga sering dikatakan "Alay" dan belum layak bersanding dengan Sister Groupnya. Apa benar demikian? Berikut pemaparan dan penilaian saya berikut ini, dari berbagai aspek:

1) Kreativitas
Dari segi kreativitas, menurut saya lebih condong untuk memilih AKB48. Jelas bahwa AKB48 merupakan pelopor dan pencipta koregrafi yang khas yang akhirnya dipakai oleh seluruh group 48. Seluruh konsep, lagu dan seifuku (kostum) dipakai terlebih dahulu oleh AKB48 sebelum diterapkan kembali oleh group yang lain.

2) Lagu
Jika dilihat dari segi lagu, saya lebih menyukai lagu-lagu yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Ya , JKT48 berhasil menerjemahkan lagu-lagu AKB48 secara sederhana, tidak puitis, dan memiliki makna yang bagus. Saya sudah sering membuat artikel tentang keistimewaan lagu-lagu JKT48. Jika ingin tahu lebih banyak, silakan search saja dengan keyword 'JKT48'.

Akan menjadi munafik jika saya berkata bahwa lagu-lagu AKB48 lebih bagus. Saya saja tidak tahu artinya, bagaimana saya mau menikmati lagunya? Mungkin bagi sebagian orang sudah cukup hanya dengan mendengarkan musik tanpa tahu artinya. Tapi bagi saya tidak. Lagu-lagu AKB48 akan menjadi lebih sempurna jika saya dapat menghayati arti dan maknanya.

3) Performance dan Koreografi
Dalam beberapa kesempatan saya melihat perform dari JKT48 Team J dan Team K III, terlihat sekali bahwa team K III masih perlu banyak belajar agar dapat se-lincah dan se-luwes Team J. Artinya bahwa, semakin lama suatu grup berkarya maka mereka akan semakin matang. Team K III baru berusia kurang lebih satu tahun sedangkan Team J sudah ada selama 2 tahun. Saya masih ingat betul saat Team J belum sematang sekarang. Mereka masih kaku, persis terlihat seperti team K III yang saat ini lebih sering tampil di televisi.

Maka, semua butuh proses. AKB48 yang sudah lebih dahulu melanglang buana di industri panggung hiburan jelas sangat penuh dengan pengalaman. JKT48 bisa saja melampaui kemampuan AKB48 sejalan dengan pengalaman mereka yang makin berkembang. Untuk yang satu ini saya lebih mendukung JKT48 karena mereka masih bisa berkembang lebih baik lagi.

4) Budaya
Aspek budaya menurut saya paling mempengaruhi penilaian saya terhadap 2 idol group ini.Budaya yang dianggap wajar di Jepang seringkali dianggap tabu di Indonesia. To the point saja, AKB48 memiliki konsep 'gravure' yang kurang cocok untuk diterapkan di Indonesia. Selain itu, video klip AKB48 terkadang menyisipkan unsur yang terlalu dewasa. Jujur saja, secara pribadi, jika melihat video musik AKB48 saya tidak bisa berkonsentrasi pada lagunya. (hehe) Bayangkan saja, dengan melihat banyak perempuan cantik menyanyi dan menari namun kita tidak dapat menikmati lagunya dan tidak bisa mengerti arti lagunya, apa lagi yang bisa dinikmati??

Dibanding AKB48, JKT48 memiliki batasan yang sudah disesuaikan dengan budaya Indonesia.Mulai dari sikap, cara berpakaian dan cara bertutur melalui lagu yang mereka bawakan. Inilah yang membuat JKT48 menjadi lebih spesial dibanding sister groupnya. JKT48 yang dikonsep sebagai idol group yang menjaga kesan polos dan kekanak-kanakan menurut saya malah menjadi kelebihan mereka. Hal ini sejalan dengan lagu-lagu mereka yang banyak dibawakan dengan ceria.


Kesimpulannya?
Jelas saya mendukung group yang bisa ditemui setiap hari.. :-)


AKB48 vs JKT48
bagusan mana
mana yang lebih bagus
cantikkan mana
lebuh cantik siapa mana


Read Another


CATEGORIES


Tags

4 komentar :

  1. jkt48, gan. Alasannya hampir sama kayak Agan. Jujur, gua agak parno nonton beberapa MV-nya AKB48. Suka jadi gak tenang sendiri.....
    Dan, nyesel gak bisa nonton pas konser mereka kemaren.....

    BalasHapus
  2. Fauzi El-Faruq : Sama seperti ane, Ane percaya agan adalah penikmat musik, bukan cuma penikmat fisik :-)

    BalasHapus
  3. lolz itu gak salah? AKB48 adalah Idol Group pertama di Jepang yang pertama kali sukses? momusu mau dikemanain bro? klo masalah penjualan cd emang akb lebih tinggi tapi klo masalah sukses momusu duluan

    BalasHapus
  4. @oshi where are you? : Nah, itu dia sob, pengertian sukses itu emang beda-beda kan ;)) sukses itu luas..

    BalasHapus

davidpras1994@gmail.com

Name

E-mail *

Message *


G Plus
@davithace
PIN : 51E456D8
LINE : davithace

close