Kamis, 12 September 2013

[First Experience] Menonton Teater Renai Kinshi Jourey - JKT48

Akhirnya rasa penasaran saya terjawab sudah. Hari Rabu(11/9) kemarin, saya untuk pertama kalinya bisa menyaksikan pertunjukan Teater JKT48 di fx plaza sudirman. Pengalaman ini mungkin akan menjadi panduan untuk kalian yang baru pertama kali ingin menyaksikan teater. Sebelum saya bercerita lebih jauh, mari kita flashback dari awal.

Mendapatkan Tiket

Untuk mendapatkan tiket teater, saya mencoba memesannya secara online yaitu di www.jkt48.com. Awalnya, rasa ingin nonton teater itu muncul saat saya gagal menonton JKT48 di closing Jak-Japan Matsuri pada hari Minggu (8/9). Karena rasa penasaran, saya yang sudah menjadi member gratis di websitenya langsung melihat jadwal teater. Disitu ternyata ada show Renai Kinshi Jourey (Aturan Arti Cinta) atau sering disebut RKJ. RKJ adalah show yang dibawakan oleh full Team J. Berhubung Team J adalah team favorit saya dan juga jantung dari JKT48, tanpa pikir panjang saya mengapply tiket pertunjukan yang hanya tinggal klik dan klik.

Disini saya memutuskan untuk menonton sendirian karena jika berbarengan dengan teman belum tentu semua memenangkan tiket, karena sistem tiket adalah undian. Jika ada yang tidak menang tiket, ia harus mencari tiket sisa(waiting list) yang kemungkinan dapatnya juga tipis. Lagipula niat saya adalah iseng dan untuk mencari pengalaman.

Sehari setelah apply, saya langsung mendapat email konfirmasi. Saya agak kaget, karena rumornya mendapat 1 tiket itu sulit karena harus bersaing dengan ratusan Fans seluruh Indonesia. Mungkin jika ada pembaca yang tau, silakan share kenapa saya yang baru pertama kali apply langsung mendapat tiket. Apa boleh buat, jika saya tidakak hadir, saya akan diblacklist untuk apply berikutnya. Mungkin kalian akan berfikir untuk membuat akun baru saja. Tapi tidak akan semudah itu, yakin deh!

Penukaran Tiket
Selanjutnya, email konfirmasi ditukar pada hari H dengan tiket asli. Penukaran biasanya dilakukan 3 jam sebelum show dimulai. Mulai dari situ kita bisa lihat sudah mulai banyak yang mengantri tiket. Untuk harga HTM umum adalah Rp.100.000,- sedangkan pelajar (SD-SMA) dan wanita Rp 50.000,-. Antriannya panjang. Bayangkan saya sendirian tanpa teman ngobrol sekitar 1 jam mengantri. Saatnya kita masuk ke bagian menariknya.

Di tengah-tengah antrian, saya sempat berfikir untuk menunjukkan kartu pelajar SMA saya untuk mendapat tiket pelajar. Untungnya tidak jadi, kenapa? Nyatanya pihak ticketing sudah memahami pola-pola fans yang ingin menipu. Tiba giliran saya, saya yang terlanjur menggunakan nomer KTP sebagai ID pun memberikan KTP dan bukti email ke mbak2 yang jaga tikceting. Setelah mencocokan foto KTP dengan wajah saya (dengan tatapan sinis) saya ditanya , “Umum?” Saya jawab, “Umum aja deh..”. Lalu saya dibentak, “Ya Umum Lahh ! Orang elu 94 !” . Saya yang lahir tahun 1994 pun telak ketahuan sebagai mahasiswa. Apa jadinya kalau saya menunjukkan kartu pelajar??!!! Haha, Saya pun syok dan setelah dapat tiket saya berusaha menenangkan diri sejenak. Untuk nonton teater JKT48 terutama bagi yang laki-laki mentalnya harus kuat ternyata. Selain kasus tadi nanti ada lagi nih yang bikin syok…

Saatnya Menonton
Bel tanda masuk berbunyi (belnya dari mulut satpamnya) sudah terlihat akrab dengan para fans yang menunggu di luar. Disaat antrian masuk saya cukup bingung dengan cara masuknya. Pokoknya tergantung satpamnya mau cara masuknya gimana. Disitu kami diurutkan menurut nomer tiket dan dipanggil. Awalalnya Siapa yang dipanggil pertama kali, artinya kemungkinan mendapat kursi paling depan. Saya mengira karena ada nomer tiket,saya akan duduk dengan nyaman seperti kursi bioskop. Ternyata tidak, nomer saya G8 dan disisihkan untuk masuk belakangan. Padahal nomer 8 yang lain sudah boleh masuk. Kalau huruf G pasti disisihkan. Kenapa ya? Orang lain yang saya tanya juga tidak mengerti. Mungkin kalian tau?

Selanjutnya masuk ke theater. Disitu nanti ada pemeriksaan tas. Tidak boleh bawa barang-barang berbahaya, makanan dan kamera. Kalau ketahuan ya ditindak tegas. Saya yang membawa minuman harus diminum dulu untuk selanjutnya dibuang ! Syok nggak tuh ! Untungnya hanya sekedar air mineral. Kalau minumannya coca cola atau pulpy? sayang juga kan dibuang. Mana di sana minuman mahal semua pula.
Setelah pemeriksaan, saya masuk ke arena pertunjukkan. Karena saya dipanggil paling belakang, saya pun tidak mendapat tempat duduk. Disana untuk duduk saja menjadi barang mahal. Ngantri berdiri, nunggu berdiri, nonton teaternya pun berdiri. Sungguh perjuangan yang panjang untuk sekedar melihat idol dari dekat.

Oh, satu lagi rules yang paling bikin syok! Saat pertunjukan teater, sama sekali TIDAK DIPERBOLEHKAN mengambil gambar dengan handphone, camera pocket, DSLR atau apapun. Gua yang saat itu mencoba-coba mengambil gambar seketika ditegur orang samping gua yang baru gua kenal. Katanya, “kalau ketahuan lu bisa diusir dari teater, lu difoto, fotolu dipajang di ticketing, dan lu akan diblacklist saat pesan tiket lagi. Jangan main-main deh sama orang Jepang (manajemennya)”. Ini show apa pendidikan militer sih?? Haha. Tapi bagus sih, semua rules yang ada di manajemen JKT48 itu sangat rapi dan tegas. Saya salut. Orang Indonesia yang biasa melanggar peraturan (seperti saya ini) pastinya akan kaget dengan sistem dan rules yang diterapkan dari Jepang ini. (Foto2 dibawah ini juga diambil candid, jangan dicontoh ya)

[ “ Nah, selama jalannya teater nggak usah diceritain ya.. Biar kalian penasaran. Hehe. Karena setiap orang punya pendapat dan sensasi yang berbeda-beda soal pertunjukan JKT48. Ada yang cuma penasaran, ada yang biasa, ada yang sangat ngefans, ada pula yang sudah hafal dan mengerti benar tentang seluk beluk JKT48. Tapi kalau mau tau lebih, silakan googling blog lain yang menjelaskan show secara detail. Banyak kok. “ ]

Hi-Touch
Setelah pertunjukan selesai, ini termasuk momen yang saya tunggu. Hi-Touch adalah momen dimana fans/idol dapat melakukan tos dan sedikit ucapan terima kasih atas show atau atas kehadiran fans. Saat itu hampir semua member Team J ada pada sesi hi-touch kecuali Diasta (mungkin sakit), Haruka dan Kinal yang malahan promosi CD terbaru mereka Fortune Cookies. Padahal Kinal adalah oshi saya (oshi=member yang paling disukai). Kesempatan saya untuk hi-touch dengannya pun sirna. Mungkin belum jodoh. HAHAHAHA. :-D

Review
Oke, saya sedikit review aja deh tentang show RKJ ini dari sudut pandang saya ;
- Member paling kocak : Haruka dan Kinal. Melody, Ghaida sama Nabilah juga sih…
- Member paling ‘eye catching’ : Veranda (Ve) sama Dhike , kayak model sumpah. ( alias cantik parah, hehe )
- Member paling bahagia : Kayaknya Diasta, soalnya dia ulang tahun kemarinnya. Terus Encorenya dipersembahkan juga buat dia. Ulang tahunnya juga sedikit dirayakan waktu udah mau closing. (Encore = Apresiasi fans dalam suatu show)
- Member paling dibully : Melody sama Rika. Karena mereka paling tua, jadi bahan ejekan sama teman-teman yang masih muda.
- Member paling childish : Cindy Gulla, sama Ayana. Gemes dah.. hehe
- Lagu paling bagus : Hikoukigumo (Jejak Pesawat), Lagu-lagu yang dibawakan di teater bukan lagu-lagu umum yang biasa di televisi ya. Jadi ya paling bagus menurut saya ya itu.
- Penonton terheboh : Ada sih, tapi gimana jelasinnya ya. haha
Oke, sampai disini dulu tulisan saya. Mungkin saya akan nonton lagi, tapi tidak dalam waktu dekat ini. Harus nabung segala macem nih.

Keep Suport Our Idol, JKT48 !'

Gallery :









Read Another


CATEGORIES


4 komentar :

  1. nice info, luur...
    prinsip yang kamu pegang mirip dengan apa yang ada dalam benak saya.
    seorang fans, bahkan yang die-hard sekalipun tetap harus menggunakan "akal sehat"...
    nuhun pisan udah share pengalaman pertama kali theater kamu, insya Alloh walaupun kemungkinan tidak dalam waktu dekat, saya akan "menyusul" :)

    BalasHapus
  2. Riki Sulung : Prinsip yang mana gan?? Ane belum paham. hehe Ane belum masuk kategori fans Die-Hard kok..

    BalasHapus
  3. wah enak ya langsung di verif saya aja verif 3 kali gagal terus padahal jauh jauh dari solo cuman penasaran nonton di theater nya mas hehe

    BalasHapus
  4. mochammad rizky: belakangan ini memang lagi susah verif. karena setlist baru peminatnya sangat banyak.. coba tunggu beberapa bulan lagi.. :)

    BalasHapus

davidpras1994@gmail.com

Name

E-mail *

Message *


G Plus
@davithace
PIN : 51E456D8
LINE : davithace

close