Jumat, 09 Agustus 2013

Renungan Kristen - Semua hal yang terjadi ada dalam rencana-Nya, tidak ada yang kebetulan


Syalom rekan, kiranya Renungan yang dituliskan ini boleh menjadi berkat ya. :)

Semua hal yang terjadi ada dalam rencana-Nya, tidak ada yang kebetulan

Tidak ada sesuatu hal yang terjadi didalam kehidupan ini berkenaan dengan kata “Kebetulan”. Kebetulan saya terlahir, kebetulan saya bisa bersekolah disana, kebetulan saya bisa berkuliah disini, kebetulan saya bekerja, kebetulan saya seorang yang terlahirkan kristen, kebetulan saya ini dan itu... bayangkan jika paradigma “kebetulan” itu benar- benar ada, saya yakin pasti tidak ada yang spesial dari kehidupan yang kita jalani didunia ini. Semua hal luar biasa sepanjang hari- hari kita pun akan terasa biasa- biasa saja, karena kita menganggap itu adalah “kebetulan”.

Dan sebaliknya, jika kita menganggap bahwa semua yang terjadi adalah seturut dengan kehendak Tuhan, maka saya yakin bahwa kehidupan yang kita jalani akan semakin penuh arti. Dengan demikian, kita pasti akan terus menjalankan kehidupan ini dengan penuh optimis dan semangat. Semangat dan optimis untuk apa?; optimis untuk hidup dalam kebenaran-Nya, semangat untuk hidup dalam kekudusan, karena kita yakin tidak ada yang kebetulan, dan Tuhan menjanjikan sebuah kehidupan yang penuh dengan damai sejahtera. Wuah luar biasa, saya pikir tidak ada hal yang lebih indah selain kita hidup didalam rencana dan kehendak-Nya dan kita tidak menganggap bahwa semua terjadi karena “Kebetulan”.


MATIUS 10:29-31

(29) Bukankah burung pipit dijual dua ekor seduit? Namun seekor pun dari padanya tidak akan jatuh ke bumi di luar kehendak Bapamu. (30) Dan kamu, rambut kepalamu pun terhitung semuanya. (31) Sebab itu janganlah kamu takut, karena kamu lebih berharga dari pada banyak burung.

Roma 8:28

“Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.”

Kita sebagai anak- anak Tuhan harus menaruh keyakinan pada kehendak-Nya, kehendak-Nya yang menjadikan kita sedimikian rupa, yang menulis hari- hari kita begitu luar biasa. Termasuk jika saudara berada dalam suatu keadaan, saudara yang berkuliah, bekerja, saudara yang melayani, saudara yang saat ini berada dalam KONDISI APAPUN, mari percaya bahwa Tuhan telah merencanakan itu semua cukup baik. Jika Tuhan izinkan ada masalah- masalah didalam kehidupan ini, yakinlah Tuhan begitu baik membentuk bejana hidup kita menjadi indah dan berarti lewat tempaan masalah di kehidupan kita. Jika Kondisi dan keadaan itu mungkin menyakitkan dan tidak membuat hidup saudara damai sejahtera/ bahagia, yakinlah bahwa semua rencana Tuhan indah pada waktunya, bejana hidup anda dibuat sangat indah oleh Tuhan.

Jika saudara sudah paham bahwa saudara dipanggil Tuhan dalam suatu keadaan, langkah selanjutnya sudah pasti adalah; Penuhi panggilan pelayanan kita.

2 Timotius 4:1-5

(1) Di hadapan Allah dan Kristus Yesus yang akan menghakimi orang yang hidup dan yang mati, aku berpesan dengan sungguh-sungguh kepadamu demi penyataan-Nya dan demi Kerajaan-Nya:
(2Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran.
(3) Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya.
(4)
Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng. 
(5) Tetapi kuasailah dirimu dalam segala hal, sabarlah menderita, lakukanlah pekerjaan pemberita Injil dan tunaikanlah tugas pelayananmu!

            Jika kita paham dan mau mengerti bahwa semua sudah Tuhan tetapkan sesuai rencananya, maka tugas kita adalah menyerahkan kehidupan kita sepenuhnya untuk melayani Tuhan. Kenapa demikian? Karena tidak ada sesuatu hal yang cukup berarti kita lakukan dalam dunia ini, jika tidak dilandaskan dengan Visi Rohani. Visi Rohani, berarti kita menyerahkan kehidupan kita untuk melayani Tuhan dimanapun kita dipercayakan. Dengan optimis dan semangat, motivasi yang baik, saya pikir Tuhan tidak akan menahan untuk mencurahkan berkat-Nya bagi anak- anak-Nya yang mau melayani dia dengan sungguh- sungguh, ingat! Dengan sungguh- sungguh.
Dimanapun saudara, keadaan apapun dan kondisi apapun saudara ditempatkan oleh Tuhan, yakin bahwa  saudara orang yang dipilih Tuhan, dimamampukan dan dipercayakan Tuhan untuk melayani orang- orang yang berada dilingkungan saudara. Lakukan dengan segenap hati kita, dan yakinlah, tidak ada hal yang lebih indah selain kita bertanggung jawab dalam panggilan Pelayanan kita. Tidak ada yang “KEBETULAN”.

Kiranya dapat memberkati bagi anak- anak Tuhan. Salam hormat bagi kemuliaan Bapa, Tuhan Yesus kristus dan Roh kudus.

Oleh: Yeremia Bibelindo Naibaho.


Read Another


CATEGORIES


Tags

0 Comment :

davidpras1994@gmail.com

Name

E-mail *

Message *


G Plus
@davithace
PIN : 51E456D8
LINE : davithace

close