Sabtu, 09 Februari 2013

Jurnal Semester 1 – Pengalaman 1 semester di UNAS

Sekitar enam bulan lalu, gua udah banyak posting tentang pengalaman gua dalam memilih jurusan kuliah
dan kampus untuk berkuliah. Nah, sekarang gua udah melalui 1 semester di Jurusan yang paling klop di hati dan pikiran gua, Teknik Informatika. Artinya, pada posting ini gua mau berbagi tentang bagaimana menjadi seorang anak kuliahan selama 1 semester ini.
                Tujuan
                Sebenarnya apa sih tujuan kita kuliah? Apakah hanya untuk meraih gelar, menyenangkan orang tua , atau hanya untuk mengisi yaktu luang? Dan saat gua pertama kali masuk Ospek, terjawablah pertanyaan ini. Tujuan kuliah adalan satu, untuk Lulus !
   Adaptasi
                Di semester pertama ini tentunya adaptasi terhadap lingkungan yang baru sangat diperlukan. Disini
sebuah acara Ospek / MOS / pengenalan kampus apalah itu namanya sangat mengambil peranan penting dalam proses adaptasi kita. Orang yang tidak mengikuti acara ini tentunya akan mengalami suatu kerugian tersendiri.
                Disiplin
                Hal ini juga termasuk hal baru di dunia perkuliahan. Kedisiplinan dan kekonsistenan kita diuji. Tidak seperti saat SMA yang terus dipantau guru sebagai siswa, sebagai mahasiswa kami terkesan ‘dilepas’ oleh dosen. Walaupun masih ada dosen yang berjiwa guru SMA, namun dosen tetap saja memiliki sifat dosen pada umumnya. Berhubung kampus gua ini lumayan jauh dari rumah, gua punya alasan dan motivasi sendiri untuk bersikap disiplin. Buat apa kuliah jauh – jauh kalau gak punya tujuan?
                The Lectures
                Selain diri kita sendiri, Dosen adalah penentu keberhasilan anak kuliahan. Menurut  gua ada 2 tipe dosen. Dosen Obyektif dan Dosen Subyektif. Dosen Obyektif menilai mahasiswa berdasarkan kenyataan ,kerja keras Dan usahanya. Sedangkan kalau Dosen Subyektif Tidak peduli anak itu cerdas, rajin, malas, ia akan selalu menilai Mahasiswa berdasarkan ‘Standar Subyektif’ nya. Syukurlah selama semester 1 ini masih banyak Dosen Obyektif Di Unas.
                Nilai
                Orientasi ke Nilai itu menurut gua juga penting. Walaupun memang Nilai bukanlah segalanya. Namun setidaknya
Menurut gua, nilai adalah alat bantu kita di masa depan nantinya. Walaupun gua juga sadar bahwa kemauan, skill, attitude, dan Sedikit hoki, lebih menentukan masa depan seseorang namun apa salahnya kalau kita lakukan yang terbaik buat si nilai ini. Semoga saja, kemauan, skill, attitude dan hoki akan otomatis sejalan dengan nilai yang didapat. Dan puji Tuhan di semester 1 gua dapet nilai yang lebih dari cukup. 
                Hobi Sambilan
                Memang selama semester 1 ini gua belum merasa harus kerja sambilan karena waktu yang kurang memungkinkan, Paling tidak gua punya hobi sambilan. Hobi sambilan yang dimaksudkan ini sifatnya ‘berhubungan dengan kuliah’ ,’disenangi’, dan ‘ditekuni’. Dengan demikian semoga saja hobi itu bisa dipakai untuk bekal di kemudian hari.


Read Another


CATEGORIES


Tags

0 Comment :

davidpras1994@gmail.com

Name

E-mail *

Message *


G Plus
@davithace
PIN : 51E456D8
LINE : davithace

close