Rabu, 19 September 2012

Apa saja yang dipelajari di Teknik Informatika?

Jawabannya Bannyyyaaakkkkk . . . . . . :-D




Kalo dalam lambang matematika, yang dipelajari di Teknik Informatika ada (tak hingga) macam. Tapi untuk permulaan, akan saya ilustrasikan seperti membangun rumah, namanya Rumah Informatika.
Untuk membangun Rumah Informatika Pertama – tama kita akan belajar dulu mengenai tanah dan konturnya. Dasar yang paling dasar dari ilmu komputer / informatika yaitu Matematika dan Fisika. Matematika difokuskan pada Kalkulus, sedangkan Fisika pada Listrik.
Setelah itu membuat pondasi, yaitu Algoritma dan Pemrograman. Listrik yang masuk ke dalam PC, akan dikonversikan ke dalam bentuk data. Data akan mengikuti semua kemauan kita jika kita dapat menyusun Algoritma yang kompleks.

Contoh Pemrograman: Pemrograman terstruktur, Pemrograman Berorientasi Objek, Pemrograman Visual, Pemrograman Web.
Selanjutnya pasang baja dan susun temboknya dengan Logika Informatika, dan logika yang sudah diberikan oleh Yang Maha Kuasa kepada kita.
Jika elemen - elemen diatas lemah, maka Rumah Informatikanya tidak bisa berdiri kokoh kan? Perkuat dulu semua elemen diatas.

Next, mari kita cat Rumah Informatika dengan berbagai macam warna. Warna – warna yang dipilih setiap perguruan tinggi berbeda – beda. Nah, Warna – warnanya itu seperti :
Multimedia, Rekayasa Perangkat Lunak, Bahasa & Automata, Kecerdasan Buatan, Pengolahan Citra, Manajemen Proyek TI, Aplikasi Manajemen Perkantoran/ ERP, E-Commerce, Sistem Operasi, Jaringan Komputer, Interface & Peripheral, Grafik Komputer, dll.
Selanjutnya, pasang atapnya dengan Kreatifitas. Memang tidak ada matakuliah kreatifitas. Namun pastinya tugas dari Dosen, Tugas Akhir, maupun tugas – tugas lainnya selalu menuntut kreatifitas. Saya yakin, Dosen maupun perusahaan akan menghargai orang – orang yang kreatif di bidang IT.
Sudah cukup?
Tentu belum.

Rumah Informatika ini pengap. Mari kita beri Ventilasi, Jendela, Pintu yang besar supaya udara segar bisa bersirkulasi dengan baik. Maksud dari pemberian Ventilasi, Jendela, Pintu yang besar ini adalah membuka pikiran/mindset kita seluas – luasnya untuk pengetahuan dan informasi IT yang terbaru. Hal ini disebabkan karena dunia IT (Information Technology) berkembang amat pesat.
Seorang pakar kewirausahaan mengatakan, seluruh matakuliah diperkuliahan itu hanya membekali kita 10% untuk dunia kerja. 90%nya adalah skill dan kemauan untuk mempelajari hal baru. Kesimpulannya adalah Rumah Informatika yang kita bangun tadi masih sangat kecil. Bahan - bahan untuk membangun sebuah "Apartemen Informatika" yang megah tidak bisa didapat hanya di bangku kuliah saja.

 

NB:
Sebagai mahasiswa yang benar – benar baru masuk kuliah Teknik Informatika, rasanya kurang pantas untuk saya menulis judul dan posting ini. Posting ini lebih pantas dan lebih pas jika ditulis mahasiswa semester akhir maupun oleh praktisi. Tapi saya tidak nulis secara asal kok. Dan karena ini blog berbagi, apa salahnya berbagi apa yang saya ketahui. Berbagi itu indah kan. . . .

 

yang dipelajari di Teknik Informatika, matakuliah teknik informatika, yang dipelajari mahasiswa IT, bahan kuliah teknik informatika

 




Read Another


CATEGORIES



8 komentar :

  1. Great post sangat berguna makasi ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoo, sama sama. makasih sudah berkunjung :)

      Hapus
  2. Gan ane pengen masuk jurusan informatika, tapi ane gak pinter dalam bidang matematika dan fisika,,gimana solusinya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. gapapa gan. yang penting logikanya kuat. karena dibutuhin waktu 'programming'. soal matematika/fisika itu hanya sedikit sih. banyakin belajar pemrograman aja.

      Hapus
  3. Bro aku lulus anak ips tapi banget hobi banget komputer, bisa ngak ya bro??

    BalasHapus
  4. Bro aku lulus anak ips tapi banget hobi banget komputer, bisa ngak ya bro??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa banget. tinggal cari kampus yang bisa menerima anak selain IPA di fakultas komputernya

      Hapus