Sabtu, 15 Agustus 2015

5 Jurusan Kuliah Yang Menjadi Primadona / Favorit di Tahun 2015

Kira-kira jurusan kuliah apa aja sih yang jadi primadona lulusan SMA tahun ini?
Nah, dari banyak pilihan jurusan kuliah, saya bikin sempit pilihan yang banyak dipilih jadi ada 5 yang paling populer, Let's cekidot !


Kita mulai dari urutan terbawah:


5. Teknik Komputer
Setahun sampai 3 tahun lalu, bidang ini jadi makin banyak saja peminatnya.
kalau yang gua denger - denger nih, bahkan bidang jurusan ini menjadi "pelarian" lulusan SMA
yang udah bingung mau pilih jurusan apa lagi. Namun tampaknya tahun ini sedikit berbeda.
Peminatnya kelihatan tidak se boombastis tahun - tahun yang lalu.
Kalau gua survey sih, dari sekitar 150 orang di SMA gua, hanya sekitar 5 orang yang tertarik masuk ke jurusan ini (termasuk gua nih, hehe..)
yang lebih spesifiknya ke jurusan Teknik Informatika. Namun saya yakin Jurusan ini masih jadi andalan kampus / akademi / tempat kursus
untuk menarik mahasiswa sebanyak - banyaknya.


4. Manajemen
Karena saya anak IPA , jadi gua kurang begitu paham banyak / tidaknya anak yang pilih jurusan ini.
Soalnya, jurusan yang satu ini jadi primadonanya anak - anak IPS. Tapi, dari yang gua tau sih memang dari
tahun ke tahun mayoritas memilih ilmu manajemen sebagai  sebagai bekal masa depan.


3. Kedokteran / Farmasi
Nah kalau jurusan ini jadi primadonanya anak - anak IPA. Banyak banget anak IPA yang banting kepala kesana
kemari, daftar PTN sana sini, belajar sampai pagi, demi meraih impian untuk kuliah di PTN faforit dengan jurusan tersebut.
Tapi apa mau dikata? 2 orang peraih nilai UN terbaik di sekolah gua akhirnya gagal untuk mendapatkan jurusan ini.
Bahkan orang yang dari kelas 1 - 3 SMA selalu ranking 1 pun gagal pula.
Mungkin uang sudah harus berbicara untuk mendapatkan jurusan ini.

2. DKV ( Desain Komunikasi Visual )
Siapa sih yang tidak mau kuliah enak dan bergengsi, kerja enak dan nyantai sambil menyalurkan hobi, tapi gaji besar?
Tentu semua mau kan?
Nah, kandidat no. 2 ini "katanya" menjanjikan itu semua. Baik anak IPA / IPS / Bahasa , dsb. mengantri untuk mendalami ilmu ini.
Tapi ada satu hal yang bikin kita harus pikir 1001 kali untuk ambil jurusan ini. Tidak lain dan tidak bukan adalah D.U.I.T. (maksudnya uang, hehe...).
Ya, karena konon peminat jurusan ini harus punya modal selangit untuk kuliah, apalagi di universitas swasta.
Jurusan ini boleh dibilang masih muda, jadi baru sedikit univ yang menyediakan jurusan ini.

.... dan jawaranya adalah . . . . . . eng.. ing.. eng....

1. Teknik Industri
Ya, entah kenapa jurusan Teknik Industri tahun ini peminatnya jadi membludak luar biasa. Khususnya sih di sekolah gua.
Bahkan orang yang tadinya tidak menjadikan Teknik Industri sebagai pilihan utama, jadi terdorong masuk ke dalam "trend" Teknik Industri.
Memang ada juga yang dari awal sudah niat dan berminat untuk memilih jurusan ini. Namun, ada juga yang mencadangkan jurusan ini malah justru
akhirnya masuk ke jurusan ini. Tapi semoga saja dengan adanya "trend" Teknik Industri ini nantinya akan dicetak ahli - ahli industri yang akan membawa Indonesia
mengikuti jejak Jepang sebagai negara Industri no.1 di dunia. Amin..


Semoga posting ini bermanfaat, minimal sebagai panduan teman - teman untuk memilih jurusan di perguruan tinggi.



Tags:
Panduan Memilih Perguruan Tinggi, 5 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan di Masa Depan , Jurusan Kuliah dengan peminat terbanyak



Read Another :


CATEGORIES


Tags

3 komentar :

  1. Kayaknya farmasi dan kedokteran masih menjadi favorit bagi anak lulusan ipa Jurusan kuliah ipa

    BalasHapus
  2. @Tria Kusuma Dewi: betul sekali. sudah disinggung di urutan 3.

    BalasHapus

close
davidpras1994@gmail.com

Name

E-mail *

Message *


G Plus
@davithace
PIN : 51E456D8
LINE : davithace

close