Kamis, 26 April 2012

Jenis Jenis Batik


 

Di Indonesia banyak batik yang terkenal , tetapi tidak banyak orang yang mengenali batik …. Nah… sekarang kita kenali batik-batik yang ada di Indonesia dengan membaca artikel ini……..



     Batik Indramayu
Indramayu adalah salah satu kota penghasil batik,tepatnya di daerah Paoman .
Para pengrajin di Paoman biasanya disebut sebagai pengrajin kecil karena pengolahannya dikelola oleh masing-masing masyarakat .Teknik yang digunakan umumnya adalah batik tulis .
    Salah satu teknik pembuatan batik Indramayu yaitu dengan teknik Babar Pisan . Ciri khas warna batik Indramayu ,yaitu Gelap (tua) dan terang (putih).Batik Indramayu banyak menggunakkan ragam hias yang berbentuk motif geometris diantaranya banji,kembang kapas,sijuring,pintu raja,obar-abir,kawung.Sementara ragam hias flora dan fauna ditata secara dekoratif dan stilasi .

     Batik Cirebon
        Trusmi dan kalitengah adalah 2 desa yang berada didaerah Cirebon .Batik Cirebon memiliki 2 ciri utama yaitu batik keratin dan bang-biron .Warna yang digunakan pada batik Cirebon yaitu putih (dasar),biru (indigo),dan coklat  (soga).


        Batik bang-biron yang memiliki warna merah dan biru adalah cirri utama batik pesisiran . Kebudayaan islam banyak mempengaruhi batik Cirebon dengan menghasilkan motif-motif mega mendung (awan) .


     Batik Pekalongan
        Pekalongan dikenal sebagai kota batik .Raga hias yang digunakan tidak monoton tetapi mengikuti perkembangan pasar sehingga pembeli tidak merasa bosan .Ciri utama Batik Pekalongan yaitu ragam hias yang selalu berbeda ,dinamis,dan mengikuti perkembangan pasar.selain itu warna yang cerah juga menjadi ciri khasnya .Teknik pewarnaan batik ini adalah menggunakkan teknik coletan ,besutan,sinaran,pewarnaan radion,dan formika .
     Batik Yogyakarta
Batik Keraton merupakan cikal bakal dari keberadaan batik Yogyakarta .Batik keratin hanya diperuntukkan bagi keluarga keratin .Motif batik ini yaitu motif larangan .Motif larangan adalah motif yang hanya digunakan bagi keluarga dan kerabat keratin sehingga rakyat biasa dilarang untuk mengenakannya .Pembuatan batik Yogyakarta dikerjakan dengan teknik batik halus dengan teknik pewarnan soga .Oleh karena itu batik ini memiliki kesan klasik dan berwibawa .

     Batik Madura


Batik yang terkenal di daerah Madura dibuat oleh pengrajin batik yang berasal Tanjung Bumi,Sampang,pamekasan,dan Bangkalan .Tanjung bumi merupakan daerah penghasil Batik yang memiliki corak rumit .Pembuatannya pun sangat teliti dan menampilkan isen-isen yang rinci .
Batik Tanjung Bumi memiliki ragam hias flora dan fauna seperti ragam hias Sekar jagad,ganggengan,ikan kapal,buketan,Dll… Batik ini memiliki warna tradisional yaitu merah.coklat kemerahan,hitam kemerahan,biru tua,dan hijau.Batik Tanjung bumi umumnya berlatar belakang putih dengan isen-isen rinci.





 





Read Another


CATEGORIES


Tags

0 Comment :

davidpras1994@gmail.com

Name

E-mail *

Message *


G Plus
@davithace
PIN : 51E456D8
LINE : davithace

close