Rabu, 25 April 2012

Contoh Konsep Desain Interior



DESAIN INTERIOR
RUANG KELUARGA MODERN & ELEGAN
TIPE BLACK SWAN


Oleh :

David Prasetyo Budi Arianto
XII IPA 2 / 05
SMA PANGUDI LUHUR II SERVASIUS
BEKASI 2012




KONSEP

Di jaman modern ini,  manusia terus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Rasa lelah dan penat tentunya akan selalu dirasakan orang - orang metropolitan yang selalu bekerja dari pagi hingga malam hari. Selain itu, kesempatan berkumpul, bercengkrama  maupun sekedar mengobrol dengan anggota keluarga pun akan semakin berkurang.

Rumah adalah salah satu tempat yang paling nyaman untuk melepas lelah setelah bekerja. Rumah adalah salah satu tempat yang paling nyaman dimana keluarga dapat berkumpul, bercengkrama untuk membangun relasi positif antar anggota keluarga. Dan bagian rumah yang paling tepat untuk mewujudkan semua itu adalah Ruang Keluarga.

Secara fungsi, ruang keluarga memang diciptakan sebagai ruang untuk melepas lelah, membaca buku, mencari inspirasi, minum teh atau kopi, berkumpul dengan keluarga ataupun sekedar bersantai sambil menonton televisi. Namun, tidak semua ruang keluarga dapat menciptakan suasana kondusif untuk melakukan seluruh aktifitas yang telah disebutkan diatas.
“Living room is a heart of the house.” Pepatah ini menunjukkan bahwa keberadaan ruang keluarga sangat vital dan perlu diperhatikan.

Ruang keluarga Tipe Black Swan ini mengambil tema Hitam – Putih – Simpel – Elegan.  Warna dinding utama hitam , sedikit aksen putih dan furnitur putih menciptakan perpaduan sangat kontras dan tegas.  Memang bagi sebagian orang warna hitam adalah warna yang membosankan dan berat. Namun dengan tata ruang yang pas maka ruangan hitam berpadu furnitur putih akan mempunyai karakter dan ciri khas tersendiri.
Kesan pertama yang akan timbul saat melihat ruang keluarga ini adalah suasana gotik, misterius dan tenang. Hal ini sesuai dengan arti warna hitam memiliki filosofi sebagai pelindung, simpel, kuat, elegan dan futuristik. Ruang Keluarga ini cocok untuk orang modern yang menyukai suasana relaksasi yang romantis khas Eropa.
Warna hitam memang mudah menyerap panas, maka lantai dan dinding dari ruangan ini dilapisi bahan keramik yang sejuk . Selain itu 3 jendela besar juga dibuat agar sirkulasi udara baik.

Ruang  keluarga ini dilengkapi pula dengan sofa. Keistimewaan sofa ini adalah desainnya yang unik. Bentuk “L” dan setengah lingkaran ini bertujuan supaya bentuk yang dihasilkan tidak kaku. Selain bentuk yang unik, sofa ini juga istimewa secara fungsional. Bentuk setengah lingkaran dapat digunanakan sebagai tempat bersantai atau tidur – tiduran. Sofa dilengkapi pula dengan coffee table / meja kecil yang digunakan untuk meletakkan kopi, teh maupun makanan ringan. Bentuk meja dan sofa dirancang supaya “match” satu sama lain. Selain itu bentuk bertujuan supaya arus manusia di ruang itu tidak terganggu.

 Sofa diletakkan di tengah dan di depan Home Theatre HD (Hi Definition) dan lemari penyimpan kaset DVD yang bertujuan supaya terjadi komunikasi antar anggota keluarga bisa sembari menyaksikan acara TV maupun video / film kesayangan keluarga. Dengan adanya instalasi Home Theatre HD dengan sound berkualitas tinggi maka keluarga dapat merasakan sensasi menonton bioskop tanpa perlu pergi ke bioskop.
Sebagai furniture pendukung, Bookcase /  rak buku serbaguna juga disediakan untuk menyimpan buku – buku faforit yang sangat cocok dibaca di ruang ini. Bookcase ini juga dibuat berbentuk tumpul, juga agar tidak terkesan kaku dan sesuai dengan furnitur yang lain.

Salah satu unsur penting yang juga bertujuan untuk menambah kesan artistik adalah cahaya. Pencahayaan dapat menciptakan berbagai suasana. Pada malam hari, jika cahaya pada vas dan lampu dinyalakan maka suasana tenang dan romantis  akan tercipta.
Karpet bulu belang diletakkan di bawah sofa.  Selain untuk menambah kesan hangat, warna dari karpet bulu yang belang khas harimau plus tanaman sintetis di sudut ruangan akan serasi dengan warna ruangan dan menambah kesan menyatu dengan alam.

Maketnya dapat dilihat di sini

DENAH



                               









Read Another


CATEGORIES


Tags

0 Comment :

davidpras1994@gmail.com

Name

E-mail *

Message *


G Plus
@davithace
PIN : 51E456D8
LINE : davithace

close