Selasa, 24 Agustus 2010

Manfaat Herba


Sejak jaman dahulu kala, Indonesia kaya akan tanaman bermanfaat.
Contohnya antara lain adalah herba. Apakah manfaat herba ?




Manfaat herba antara lain sebagai berikut :

1. Kunyit (Curcuma longa Linn) yang berwarna kuning berarti mempunyai kandungan flavonoid yang berkhasiat antioksidan guna melawan radikal bebas yang dapat merusak DNA. Selain itu kunyit bersifat antiradang,koleretik (melancarkan aliran empedu), kolagoga (memperlancar pengeluaran empedu ke usus), dan hemostatik (penghenti pendarahan). Dosis : 5 - 10 gram. Dosis berlebihan dapat menyebabkan degenerasi lemak di hati.

2. Temulawak (Curcuma xanthorriza Roxb.) berkhasiat sebagai antioksidan. Kandungan kurkumin yang mempunyai khasiat hepatoprotektor (melindungi hati dari zat toksik) lebih tingi pada temulawak.

3. Bangle (Zingiber purpureum) berkhasiat sebagai pereda demam (antipiretik), peluruh kentut (karminatif), peluruh dahak, pembersih darah, pencahar dan obat cacing (vermivuge).


4. Rimpang dringo mempunyai khasiat membantu pencernaan, dan meningkatkan nafsu makan pada penderita gangguan pencernaan dan asam lambung yang berlebihan. Dringo juga berkhasiat peluruh dahak, pembersih darah, antiradang, dan obat cacing.

5. Benalu teh mempunyai khasiat antikanker. Karena tumbuh pada tanaman teh, maka khasiat dari teh juga bisa ditemukan seperti antioksidan, penyegar tubuh, stimulansia jantung (kardiotonik), peluruh kencing (diuretik), dan menstimulasi susunan syaraf pusat. Manfaat -manfaat tersebut perlu dibuktikan secara klinis. Dengan penelitian - penelitian terbaru mungkin saja herba-herba tersebut berkhasiat antikanker.

Semoga Bermanfaat..
- asemanisblog -


Read Another


CATEGORIES


Tags

0 Comment :

davidpras1994@gmail.com

Name

E-mail *

Message *


G Plus
@davithace
PIN : 51E456D8
LINE : davithace

close