Rabu, 04 Agustus 2010

Jalan Panjang Menuju Studio Rekaman

Bagi seorang musisi, tidak ada yang lebih memuaskan selain melakukan rekaman karya musik mereka di Studio Digital Recording.


Proses rekaman adalah pekerjaan yang sangat mengasyikkan sekaligus juga melelahkan. Semua karya seni dan kreatifitas bisa kita tuangkan dalam proses rekaman karena disinilah tempatnya untuk mengeluarkan semua ide musik kita. Selain biaya, dalam proses rekaman juga dibutuhkan keahlian dibidang musik, baik itu dalam memainkan instrument maupun mencari sound yang tepat sesuai kebutuhan. Yang terpenting juga didalam proses rekaman adalah kesabaran serta ketekunan.


Tentu saja, proses rekaman juga bisa menjadi pekerjaan yang membuat stress serta menjadi mimpi buruk bagi sebagian orang. Untuk menghindari proses rekaman yang berubah menjadi mimpi buruk, ada beberapa tips yang bisa diingat.


Persiapan yang matang adalah hal yang paling penting. Rekaman yang berhasil dapat terlaksana dengan persiapan yang matang. Sebelum melakukan rekaman, ada baiknya melakukan latihan dan gladi resik serta simulasi di Studio Music untuk menentukan part dan bagan lagu yang akan direkam. Sering terjadi ketika sudah berada di dalam Studio Recording, player lupa bagian lagunya, atau bisa juga terjadi perubahan lagu.


Sebisa mungkin hindari hal-hal seperti ini karena akan menghabiskan energi dan mengganggu mood player. apabila kita tergabung dalam suatu band, tentu saja ada masukan dan ide yang berbeda dari sesama personil sehingga mengakibatkan perdebatan panjang. Tentu hal ini mengganggu mood keseluruhan band. Jangan lupa juga perdebatan panjang bisa menghabiskan waktu di Studio Digital Music yang sudah dibayar mahal.


Sesuaikan Studio Music dengan budget yang ada. Jangan paksakan masuk ke studio rekaman yang bonafide dan peralatan canggih tetapi mahal dan diluar kapasitas kita. Sekarang, banyak studio rekaman yang menyediakan fasilitas yang baik dan standar dengan budget yang terjangkau.


Lakukanlah survey terlebih dahulu ke beberapa Studio Recording dan akan lebih baik apabila kita bisa mendapatkan rekomendasi dari seseorang yang kita kenal. kenali beberapa studio sebagai perbandingan dan pilihlah yang sesuai dengan budget anda dengan kualitas yang bagus. Harap dicatat bahwa dengan peralatan Digital Recording canggih dan mahal belum tentu menjamin kualitas sound yang bagus juga, semua kembali kepada SDM-nya.


Sediakan waktu yang tepat. Musik yang bagus dengan Studio Digital Music yang bagus adalah sebagian kunci sukses rekaman yang bagus, tetapi itu belum cukup. Musik yang bagus akan bisa dimainkan dengan oleh player yang mempunyai mood bagus, dan untuk mendapatkan mood yang bagus itu diperlukan waktu yang tepat. Memang berat untuk player mendapatkan mood di saat yang tepat apalagi kalau player tersebut bekerja kantoran 9 -5. Tentu hal ini bisa diakali dengan melakukan rekaman di Studio Digital Recording pada jam pulang kantor misalnya atau pada hari sabtu dan minggu.


Read Another


CATEGORIES


Tags

1 komentar :

davidpras1994@gmail.com

Name

E-mail *

Message *


G Plus
@davithace
PIN : 51E456D8
LINE : davithace

close